Kompas TV video sinau

Apa Itu Mutasi Virus Corona E484K 'Eek'?

Kompas.tv - 7 April 2021, 15:07 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Virus SARS-Cov-2 penyebab pandemi Covid-19 terus mengalami mutasi di sejumlah negara.

Di Jepang, 70 persen pasien di rumah sakit di Tokyo diketahui terinfeksi mutasi virus corona baru E484K. Selain di Jepang, satu kasus mutasi virus corona E484K terdeteksi di Jakarta pada Februari lalu.

Apa itu mutasi virus corona ‘Eek’ E484K?

Mutasi virus corona E484K merupakan mutasi protein yang terjadi pada varian B.1.1.7 (berasal dari Inggris), B1351 (berasal dari Afrika Selatan) dan P1 (berasal dari Brasil).

Mutasi E484K juga dijuluki peneliti sebagai mutasi "Eek". Kata "eek" dalam bahasa Inggris adalah bentuk informal dari exclamation yang digunakan untuk merujuk pada ekspresi ketakutan, kejutan, atau peringatan.

Lebih menular

Mutasi varian E484K dapat mengubah permukaan protein lonjakan yang digunakan virus untuk memasuki sel manusia. E484K membuat SARS-Cov-2 lebih menular dengan mengikat lebih dekat ke “reseptor” virus dalam sel manusia.

Melemahkan respons imun

Sejumlah penelitian mengungkapkan varian E484k dapat menurunkan kemampuan antibodi. Varian E484K disebut juga “Escape Mutation” karena dapat memperkuat virus melewati pertahanan kekebalan tubuh.

Dampak terhadap vaksin

Mutasi E484K yang menyiasati antibodi dikhawatirkan bisa menurunkan efektivitas vaksin. Para ilmuwan mengatakan vaksin dapat didesain ulang dan disesuaikan agar efektif digunakan mengatasi varian baru.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.