Kompas TV nasional wawancara

Indonesia Rawan Bencana, Komisi VIII DPR: BNPB Harus Dikuatkan

Kompas.tv - 7 April 2021, 14:33 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang mempunyai tugas membantu Presiden Republik Indonesia dalam melakukan penanggulangan bencana.

Saat bencana alam menerjang wilayah Indonesia, BNPB menjadi Lembaga yang sangat penting.

Disisilain Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq mengatakan, BNPB terkendala oleh status BNPB itu sendiri, BNPB dibutuhkan namun anggarannya kecil.

Maman menyebut, dalam revisi UU Penanganan Bencana, BNPB harus dikuatkan. Tapi alih-alih menguatkan justru ada pihak lain yang mencoba menghilangkan BNPB.

Maman berharap BNPB naik kelas menjadi kementrian dan di dalamnya terdapat kajian mitigas bencana, tata kelola lahan yang bisa diikuti para kepala daerah.

 “Jangan berharap bencana berakhir kalau alih fungsi lahan terus-menerus, izin perumahan dengan lapak gunung, dan normalisasi sungai tidak terjadi”, ujar Maman.

Maman menegaskan, bencana menjadi drama solidaritas sosial, karena sesungguhnya yang harus kita perbaiki adalah hubungan kita dengan alam, dan sikap kita dengan masyarakat dalam menghadapi alam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x