Kompas TV nasional wawancara

Ratusan Korban Meninggal Diterjang Badai Seroja di NTT, Komisi VIII DPR: Mitigasi Bencana Lemah

Rabu, 7 April 2021 | 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hampir seluruh daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) terdampak banjir bandang dan longsor.

8 kabupaten dan kota relatif parah, tidak ada yang berharap bencana besar terjadi di Indonesia.

Akibat siklon tropis ini, kurang lebih 500 bangunan rusak berat di Adonara. Selain Adonara, Kabupaten Lembata juga terdampak paling parah.

Di Kupang NTT pohon-pohon tumbang masih menutupi jalanan.

Hingga Selasa (06/04/2021) sore ada 6.300 jiwa terdampak badai seroja, dan setidaknya ada 800 orang yang mengungsi di sejumlah tempat.

Dari data terakhir BNPB, ada 119 belas korban meninggal dunia akibat banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur, sementara korban hilang sebanyak 76 orang.

Menanggapi kasus tersebut anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq mengatakan, pengetahuan masyarakat tentang bencana, dan bagaimana informasi dari pemerintah tentang keperluan bantuan menjadi hal yang penting.

Menurut Maman kasus badai seroja seharusnya diketahui dari awal. Anggota Komisi VIII DPR RI itu menyebut mitigasi bencana betul-betul lemah.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Raditya Jati menyatakan, beberapa wilayah kota dan kabupaten sudah menetapkan status tanggap darurat.

Sejumlah alat-alat berat pun terus diupayakan agar bisa sampai pada titik-titik lokasi bencana.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:56
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG