Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un: Korea Utara Sedang Hadapi Situasi Paling Buruk

Kompas.tv - 7 April 2021, 14:27 WIB
kim-jong-un-korea-utara-sedang-hadapi-situasi-paling-buruk
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan pidato pembukaan pada konferensi Partai Pekerja di Pyongyang, Korea Utara, Selasa, 6 April 2021. Kim mengakui negaranya tengah menghadapi situasi terburuk. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa negaranya saat ini tengah menghadapi situasi terburuk. Ia menyatakan hal ini di depan ribuan anggota partai yang berkuasa dalam konferensi politik besar di Pyongyang, Selasa (6/4/2021).

Para ahli mengatakan, Kim mungkin menghadapi momen terberatnya karena perekonomian yang hancur. Perekonomian Korea Utara hancur karena pandemi virus corona dan program senjata nuklir yang membuat negara ini terkena sanksi.  

“Kita harus meningkatkan standar hidup masyarakat, bahkan dalam situasi terburuk yang pernah ada. Kini kita harus mengatasi banyak tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini bergantung pada peran yang dimainkan oleh akar rumput partai,” kata Kim seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Kepada WHO, Korea Utara Mengaku Negaranya Bebas Virus Corona

Dia mendesak anggota partai untuk melaksanakan keputusan yang dibuat pada kongres partai pada bulan Januari lalu. Saat itu, dia berjanji untuk meningkatkan penangkal nuklirnya dalam menghadapi tekanan AS dan mengumumkan rencana pembangunan nasional lima tahun yang baru.

Kongres tersebut terjadi beberapa bulan setelah Kim menunjukkan keterusterangan dengan mengakui bahwa rencananya untuk meningkatkan ekonomi nasional tidak berhasil.

Kemunduran ekonomi membuat Kim tidak dapat memaksimalkan diplomasi ambisiusnya dengan mantan Presiden Donald Trump. Rencana diplomasi yang pernah dibuatnya dengan Trump, kini runtuh karena ketidaksepakatan dalam langkah-langkah denuklirisasi Korea Utara.

Baca Juga: Masih Pandemi Virus Corona, Korea Utara Tidak akan Ikut Olimpiade Tokyo

Korea Utara sejauh ini menolak tawaran pemerintah Biden untuk melakukan pembicaraan, dengan mengatakan bahwa Washington harus membuang kebijakan yang bermusuhan dengan Korea Utara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x