Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un: Korea Utara Sedang Hadapi Situasi Paling Buruk

Rabu, 7 April 2021 | 14:27 WIB
kim-jong-un-korea-utara-sedang-hadapi-situasi-paling-buruk
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan pidato pembukaan pada konferensi Partai Pekerja di Pyongyang, Korea Utara, Selasa, 6 April 2021. Kim mengakui negaranya tengah menghadapi situasi terburuk. (Sumber: Associated Press)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa negaranya saat ini tengah menghadapi situasi terburuk. Ia menyatakan hal ini di depan ribuan anggota partai yang berkuasa dalam konferensi politik besar di Pyongyang, Selasa (6/4/2021).

Para ahli mengatakan, Kim mungkin menghadapi momen terberatnya karena perekonomian yang hancur. Perekonomian Korea Utara hancur karena pandemi virus corona dan program senjata nuklir yang membuat negara ini terkena sanksi.  

“Kita harus meningkatkan standar hidup masyarakat, bahkan dalam situasi terburuk yang pernah ada. Kini kita harus mengatasi banyak tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini bergantung pada peran yang dimainkan oleh akar rumput partai,” kata Kim seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Kepada WHO, Korea Utara Mengaku Negaranya Bebas Virus Corona

Dia mendesak anggota partai untuk melaksanakan keputusan yang dibuat pada kongres partai pada bulan Januari lalu. Saat itu, dia berjanji untuk meningkatkan penangkal nuklirnya dalam menghadapi tekanan AS dan mengumumkan rencana pembangunan nasional lima tahun yang baru.

Kongres tersebut terjadi beberapa bulan setelah Kim menunjukkan keterusterangan dengan mengakui bahwa rencananya untuk meningkatkan ekonomi nasional tidak berhasil.

Kemunduran ekonomi membuat Kim tidak dapat memaksimalkan diplomasi ambisiusnya dengan mantan Presiden Donald Trump. Rencana diplomasi yang pernah dibuatnya dengan Trump, kini runtuh karena ketidaksepakatan dalam langkah-langkah denuklirisasi Korea Utara.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:03
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG