Kompas TV klik360 cerita indonesia

Nurhasanah, Pelaku Teror Bom Panci Lepas Baiat dari ISIS dan Kembali ke NKRI

Rabu, 7 April 2021 | 13:04 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Ikrar setia kepada Pancasila dan NKRI diucapkan oleh Nurhasanah atau Nana di area Lapas Perempuan Kelas II Bandar Lampung, Selasa (6/4)

Ia menyatakan dirinya telah melepas baiat ISIS.

"Saya melepas baiat saya terhadap pemimpin ISIS yaitu Abu Baqar Al Baqhadi maupun yang menggantikannya, yaitu Ibrahim Al Hasyimi Al Quraishi atau pemimpin atau amir organisasi jihad lainnya,"ujarnya.

Diapun menegakkan akan setia kepada NKRI dan akan berkomitmen tdak akan bergabung dengan kelompok teroris manapun di dunia.

"Saya berjanji setia kepada NKRI dan akan melindungi segenap Tanah Air Indonesia dari segala tindakan aksi-aksi terorisme yang dapat mencegah persatuan Indonesia," ujarnya.

Nurhasanah merupakan napi terorisme yang ditangkap usai pada 15 Agustus 2018 lalu melakukan aksi teror bersama suaminya di Mapolres Indramayu, Jawa Barat.

Laas Perempuan Bandar lampung Putranti Rahayu sampaikan Nurhasanah ucapkan ikrar kembali ke NKRI setelah mengikuti program deradikaliasasi pada 2020 lalu.

"Paham selama ini dia dapat dari suaminya, dasar pengetahuan agama dia sebelumnya minim, jadi dapat paham dari suaminya sehingga cepat masuk (terdoktrin)," kata Lenny.

Salah satu motivasi Nurhasanah untuk meninggalkan paham radikal adalah karena ingin bertemu dengan sang anak yang kini telah berusia 3 tahun dan dirawat keluarganya.

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:23
KUNJUNGI PASAR INDUK KRAMAT JATI, MENDAG MUHAMMAD LUTFI PASTIKAN PASOKAN DAN HARGA STABIL JELANG RAMADAN   MANCHESTER CITY RUGI RP 2,5 TRILIUN DALAM SETAHUN AKIBAT PANDEMI COVID-19   PEMERINTAH CEKO BAKAL BUKA KEMBALI SEKOLAH DASAR DAN TOKO-TOKO TERTENTU PADA PEKAN DEPAN   PULUHAN PERAHU NELAYAN DI TAKALAR, SULSEL, RUSAK DIHANTAM BADAI GELOMBANG LAUT SAAT MENCARI IKAN   WABUP LEMBATA THOMAS OLA LANGODAY: 34 ORANG MENINGGAL AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR, 35 LAINNYA MASIH DALAM PENCARIAN   PEMKOT DEPOK TETAP GELAR VAKSINASI COVID-19 SELAMA RAMADAN   PEMERINTAH BELUM TETAPKAN BIAYA PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI TAHUN INI   INDONESIA DAN 19 NEGARA LAIN BELUM DIBERIKAN AKSES UNTUK MENGIRIMKAN CALON JEMAAH IBADAH UMRAH   ARAB SAUDI BERENCANA BUKA IBADAH UMRAH SECARA TERBATAS PADA AWAL RAMADAN   MAJELIS HAKIM PN JAKARTA TIMUR TOLAK EKSEPSI RIZIEQ SHIHAB DALAM KASUS DUGAAN PEMALSUAN TES USAP DI RS UMMI BOGOR   PEMERINTAH SIAPKAN RP 15,36 TRILIUN SEBAGAI BLT UNTUK 12,8 JUTA PELAKU UMKM   BI MENCATAT JUMLAH CADANGAN DEVISA INDONESIA SEBESAR 137,1 MILIAR DOLLAR AS PADA MARET 2021   PRESIDEN JOKOWI MINTA ORMAS KEAGAMAAN SEBAR KEDAMAIAN, DUKUNG PERSATUAN, DAN MENOLAK KEKERASAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: VAKSIN COVID-19 BUATAN ASTRAZENECA AMAN, BOLEH, DAN WAJIB BAGI MUSLIM