Kompas TV internasional kompas dunia

Kepada WHO, Korea Utara Mengaku Negaranya Bebas Virus Corona

Kompas.tv - 7 April 2021, 13:20 WIB
kepada-who-korea-utara-mengaku-negaranya-bebas-virus-corona
Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. (Sumber: AFP/SERGEI ILNITSKY)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Korea Utara mengklaim bahwa negaranya meraih rekor sempurna dalam mencegah virus corona. Dalam laporan terbarunya kepada Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), negara ini mengaku bebas dari virus corona.

Pada awal pandemi Korea Utara melakukan langkah-langkah keras seperti menutup perbatasan, melarang turis untuk berkunjung dan mengusir diplomat.

Baca Juga: Masih Pandemi Virus Corona, Korea Utara Tidak akan Ikut Olimpiade Tokyo

Kini, mereka masih mengaku tidak menemukan kasus Covid-19 di negaranya. Namun klaim ini sangat diragukan, mengingat infrastruktur kesehatan yang buruk di negara ini.

Dalam email kepada The Associated Press, Edwin Salvador, perwakilan WHO untuk Korea Utara mengatakan bahwa negara ini telah menguji sebanyak 23.121 orang untuk virus corona sejak awal pandemi hingga 1 April dan semua hasilnya negatif.

Salvador menambahkan, Korea Utara juga mengaku telah menguji sebanyak 732 orang antara tanggal 26 Maret dan 1 April.

Baca Juga: Usai Kecam AS dan Korea Selatan, Korea Utara Lakukan Uji Coba Rudal Jarak Pendek

Sebelumnya, Korea Utara juga telah menyatakan akan absen dalam Olimpiade Tokyo, untuk melindungi atletnya dari Covid-19.

Program COVAX yang mengirimkan vaksin Covid-19 ke seluruh dunia mengatakan bahwa Korea Utara dapat menerima 1,9 juta dosis vaksin pada paruh pertama tahun ini. Namun, COVAX juga memperingatkan adanya kekurang vaksin global karena produsen AstraZeneca di India memutuskan untuk memasok vaksin untuk permintaan domestik lebih dulu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.