Kompas TV nasional kesehatan

Wapres Ajak Masyarakat Tak Ragu Divaksin AstraZeneca: Insyaallah Aman

Kompas.tv - 7 April 2021, 14:15 WIB
wapres-ajak-masyarakat-tak-ragu-divaksin-astrazeneca-insyaallah-aman
Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan sambutan di ulnag tahun DPD RI ke-16, Kamis (1/10/2020) (Sumber: Dok. KIP/Setwapres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPASTV- Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau vaksinasi di gedung Pusat MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (7/4/2021). 

Dalam kegiatannya kali ini, Ma'ruf Amin meyakinkan masyarakat bahwa vaksin AstraZeneca aman digunakan. 

"Dari segi keamanan Insyaallah  aman, AstraZeneca itu aman," ujar Ma'ruf Amin, dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, ia berharap vaksinisasi yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia menggunakan AstraZeneca dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk bersedia divaksin.

"Mudah-mudahan vaksinasi menggunakan AstraZeneca oleh MUI Pusat hari ini akan jadi semacam pendorong, memberikan kepercayaan dalam rangka mempercepat proses vaksinasi supaya kita bisa capai kekebalan kelompok," ucap Ma'ruf. 

Baca Juga: Gelar Vaksinasi Massal 3,5 Hari, Dinas Kesehatan Lombok Utara Vaksinasi 1.359 Pelaku Pariwisata

Sehingga tidak akan ada keraguan lagi di masyarakat terkait vaksin AstraZeneca.

Sebagai informasi, vaksin asal Inggris ini sempat menjadi kontroversi karena bahan yang terkandung di dalamnya mengandung tripsin babi, yang bisa menjadikannya haram bagi umat muslim.

Namun, karena saat ini seluruh dunia tengah berada dalam masa yang sulit dan bahaya akibat pandemi Covid-19, maka penggunaan vaksin tersebut tetap diperbolehkan bagi muslim seiring  dikeluarkannya fatwa MUI.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan bahwa vaksin AstraZeneca aman dan wajib diberikan kepada masyarakat.

"Bapak (Ma'ruf Amin) sebagai senior dari muslim di seluruh Indonesia sudah memberikan contoh bahwa vaksin AstraZeneca ini aman, boleh, dan wajib hukumnya untuk disuntikkan ke seluruh muslim di Indonesia," ucap Budi. 

Budi berharap program vaksinasi yang dilaksanakan saat ini dapat berjalan lancar di seluuruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga: Polda Riau Inisiasi Gerakan 5.000 Dosis Vaksin Korona
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.