Kompas TV regional update corona

Gelar Vaksinasi Massal 3,5 Hari, Dinas Kesehatan Lombok Utara Vaksinasi 1.359 Pelaku Pariwisata

Kompas.tv - 7 April 2021, 08:58 WIB
gelar-vaksinasi-massal-3-5-hari-dinas-kesehatan-lombok-utara-vaksinasi-1-359-pelaku-pariwisata
Suasana vaksinasi massal gratis yang digelar bagi pelaku pariwisata yang digelar di area Hotel Medana Bay Marina, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada Selasa (6/4/2021). (Sumber: Kompas.TV - Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MEDANA, KOMPAS.TV – Vaksinasi Covid-19 massal gratis yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (KLU) bekerja sama dengan Gili Hotels Association (GHA) selama 3,5 hari pada akhir dan awal pekan lalu berhasil menjaring lebih dari 1.300 pelaku pariwisata.

Vaksinasi massal gratis itu digelar di area Hotel Medana Bay Marina di Medana, KLU, Nusa Tenggara Barat pada sepanjang akhir dan awal pekan kemarin, pada tanggal 2 – 3 April, dan 5 – 6 April 2021. Dari target sekitar 1.500 orang, total tercatat 1.359 orang atau lebih dari 90% target pelaku pariwisata sudah divaksinasi.  

Baca Juga: Ratusan dari Ribuan Pelaku Pariwisata di Lombok Utara Mulai Divaksinasi

“Jadi hari pertama, dari target 50 orang, ada 65 orang yang divaksinasi. Hari kedua, 319 orang. Hari ketiga dan keempat masing-masing 416 dan 559 orang,” beber Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan KLU Ayunah A.Md.,Kep. saat dihubungi Kompas.TV pada Selasa (6/4/2021) malam.

Jumlah tersebut, kata Ketua GHA Lalu Kusnawan, sudah sesuai target, mengingat situasi dan kondisi yang masih belum normal. “Banyak pekerja pariwisata yang berasal dari Lombok Tengah, Lombok Timur, dari luar KLU, dan mereka terbentur jarak dan waktu,” ujarnya merujuk lokasi tempat tinggal para pekerja pariwisata yang terbilang jauh dari lokasi vaksinasi. “Tapi paling tidak, sudah kita upayakan, karena KLU merupakan salah satu motor pariwisata di Lombok.”

Baca Juga: Hindari Nyepi di Bali, Sekitar Seribu Turis Padati Gili Trawangan

Kepala Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Ayunah A.Md., Kep. saat memantau jalannya vaksinasi massal gratis di area hotel Medana Bay Marina di Medana, Kecamatan Tanjung, KLU, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (Sumber: Kompas.TV - Vyara)

Dalam vaksinasi massal tersebut, sejumlah vaksinator dari 6 puskesmas di kecamatan KLU, yakni kecamatan Senaru, Bayan, Santong, Tanjung, Pemenang dan Nipah, diterjunkan untuk membantu kelancaran proses vaksinasi massal.

“Puskesmas kecamatan Gangga dan Kayangan berhalangan hadir, karena ada pelayanan lain,” terang Ayunah. Sejumlah personil Polres Lombok Utara juga dikerahkan untuk membantu menerapkan jalannya protokol kesehatan di antara peserta vaksinasi.

Baca Juga: Sambut MotoGP 2021 di Lombok, Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut

Vaksinasi massal gratis bagi pelaku pariwisata di KLU sepanjang akhir dan awal pekan lalu digelar demi percepatan vaksinasi menuju zona hijau Covid-19 di Lombok.

Lantaran, vaksinasi bagi pelaku pariwisata yang sudah digelar sejak 16 Maret lalu itu akan berjalan lambat jika hanya mengandalkan vaksinasi di puskesmas.

”Seminggu berjalan, saya lihat kondisinya tidak akan mungkin bisa cepat selesai kalau hanya mengandalkan dua puskesmas,” terang Kusnawan merujuk pada dua puskesmas yang sebelumnya ditunjuk untuk menggelar vaksinasi bagi pelaku pariwisata di KLU, yakni Puskesmas Nipah dan Puskesmas Pemenang.

Baca Juga: 4 Wisata Seru di Lombok - JALAN-JALAN

Terkait vaksinasi Covid-19 dosis kedua bulan depan, Kusnawan juga meminta agar pihak terkait kembali menggelar vaksinasi massal serupa. ”Saya paham, ada banyak keterbatasan di lapangan. Tapi semoga bisa digelar lagi vaksinasi massal seperti ini, supaya cepat clear, cepat selesai,” pungkasnya berharap.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x