Kompas TV klik360 cerita indonesia

Poin Lengkap Eksepsi Rizieq Shihab yang Ditolak Majelis Hakim

Selasa, 6 April 2021 | 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menolak seluruh nota keberatan yang disampaikan oleh eks Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab dan tim penasihat hukum. 

"Majelis yang mengadili perkara ini menyatakan keberatan atau eksepsi dari terdakwa dan penasihat hukum terdakwa tidak dapat diterima," kata ketua majelis Suparman Nyompa di PN Jaktim, Selasa (6/4/2021).

Suparman menjelaskan, eksepsi yang dibacakan Rizieq dan penasihat hukumnya tidak berlandaskan hukum atau aturan yang berlaku, yakni Pasal 143 ayat 2 KUHAP. Sementara itu, dakwaan penuntut umum sudah sesuai dengan pasal tersebut.

Majelis hakim menilai, sebagian nota keberatan terdakwa masuk ke materi pokok perkara sehingga perlu dilakukan pembuktian.

"Hemat majelis alasan keberatan terdakwa bukan materi alasan keberatan yang ditentukan oleh Pasal 143 ayat 3 KUHP, karena itu alasan keberatan ini tidak dapat diterima," kta majelis hakim.

Majelis hakim juga menyampaikan, perbuatan terdakwa melakukan penghasutan atau pembangkangan terhadap penguasa atau petugas harus dengan memeriksa bukti-bukti di persidangan, sehingga bukan bagian dari materi nota keberatan.

"Karena itu alasan keberatan ini sudah menyangkut materi perkara jadinya tidak dapat diterima," ujar Majelis.

Selain itu, Hakim juga tak sepakat dengan nota keberatan yang diuraikan oleh penasihat hukum terdakwa. Majelis hakim menyatakan sebagian nota keberatan penasihat hukum berisi pendapat penasihat hukum yang didasarkan pada dalil nabi dan dalil akhli.

"Hal mana uraian tersebut bukan materi keberatan menurut KUHP. Hemat majelis hakim uraian tersebut tidak perlu dipertimbangkan," ujar dia.

Atas hal tersebut Majelis Hakim menyatakan perkara dugaan pelanggaran prokes di Petamburan Jakpus dilanjutkan hingga tahap akhir.

"Menetapkan pemeriksaan perkara atas nama Rizieq Syihab dilanjutkan," ucap dia.

Video editor: Agung

Baca Juga: Eksepsi Rizieq Shihab Ditolak, Pekan Depan Pemeriksaan Saksi

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:58
TUNISIA, NORWEGIA, DAN TIONGKOK DESAK DEWAN KEAMANAN PBB UNTUK BAHAS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA   SERANGAN ISRAEL TEWASKAN 65 ORANG DI GAZA, 16 DI ANTARANYA ANAK-ANAK   KASUS COVID-19 DI INDIA PECAH REKOR, TEMBUS 362.727 KASUS DALAM 24 JAM TERAKHIR   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO MINTA JAJARANNYA PERKETAT CEK LALU LINTAS MANUSIA DI PELABUHAN MERAK-BAKAUHENI   SATPOL PP BUBARKAN PKL DI JATINEGARA, JAKARTA TIMUR, KARENA TIMBULKAN KERUMUNAN DAN LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   POLRESTA PADANG AKAN TUTUP AKSES MASUK DESTINASI WISATA SELAMA TIGA HARI UNTUK MEMINIMALKAN PENYEBARAN COVID-19   GEREJA KATEDRAL BATASI UMAT PADA PELAKSANAAN IBADAT KENAIKAN ISA ALMASIH   MENTERI PERHUBUNGAN BUDI KARYA SUMADI IMBAU MASYARAKAT HINDARI ARUS BALIK DI HARI MINGGU   MENPORA ZAINUDIN AMALI BERIKAN SEMANGAT KEPADA ATLET YANG TIDAK BISA MUDIK LEBARAN   MENSOS AJAK JAJARAN KEMENTERIANNYA UNTUK TINGKATKAN KUALITAS SDM DAN PERKUAT REFORMASI BIROKRASI   PERINGATI KENAIKAN ISA ALMASIH, MENTERI AGAMA AJAK UMAT NASRANI UNTUK PERKUAT MODERASI BERAGAMA   KEMENTERIAN PUPR ANGGARKAN RP 16,78 MILIAR UNTUK BANGUN RUSUN SEMINARI DI NUSA TENGGARA TIMUR   MENTERI PERTAHANAN PRABOWO SUBIANTO LAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DAN BERLEBARAN DI HAMBALANG, JAWA BARAT   PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES MA’RUF AMIN BERSILATURAHMI SECARA DARING