Kompas TV regional berita daerah

Sosialisasi Kebijakan SMK Pusat Keunggulan D2 Fast Track

Kompas.tv - 6 April 2021, 12:43 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Sosialisasi kebijakan SMK pusat keunggulan , d2 fast track digelar di SMKN 5 denpasar , senin siang . kegiatan Ini dihadiri oleh kepala sekolah menengah kejuruan se provinsi bali . secara luring dan DARING . 

Dalam kebijakan smk pusat keunggulan ini , akan dipilih 900 smk di indonesia untuk mendapatkan pendidikan / pelatihan , hingga bantuan dana untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah serta peningkatan  sumber daya manusianya . Disediakan pula 170 kampus atau perguruan tinggi sebagai pendamping sesuai kompetensi dan geografisnya , salah satunya di bali adalah politeknik negeri bali .

Nantinya siswa SMK akan mendapatkan pendidikan selama 3 tahun , dan 1,5 semester menjalani pendidikan perkuliahan , maka siswa smk-pk sudah dianggap setara dengan lulus sarjana terapan d2 .

Sementara itu , SMK N 5 denpasar sebagai smk percontohan yang telah berhasil mengikuti program smk-pk selama satu tahun mengaku , telah menerapkan kurikulum industri untuk siswanya , meningkatkan kerjasama dengan dunia industri , melatih dan menggali potensi guru , hingga melengkapi sarana prasarana praktek siswa . Sementara yang masih menjadi pr bagi smk 5 adalah melatih softskill siswa , dan mengajak smk lainnya untuk mengikuti program SMK-PK ini .

Di tahun 2020 , 7 smk telah mengikuti program smk – pk ini . Sementara di tahun 2021 , program smk-pk telah memasuki tahap pendaftaran . Diharapkan dengan adanya program smk-pk d2 fast track ini , para lulusan smk akan siap menghadapi industri kerja , dan jumlah lulusan smk yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha dalam satu tahun setelah lulus , akan mengalami peningkatan . 

# SMKPusatKeunggulan #D2FastTrack



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x