Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

SMF Keluarkan Enam Strategi untuk Perkuat Ekosistem Perumahan

Kompas.tv - 5 April 2021, 22:00 WIB
smf-keluarkan-enam-strategi-untuk-perkuat-ekosistem-perumahan
Ilustrasi Perumahan (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF akan melakukan enam strategi dan kegiatan bisnis guna meningkatkan perannya sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan.

Melansir dari Kompas.com, upaya tersebut dilakukan tidak lain untuk mendukung perkuatan ekosistem perumahan pada tahun 2021.

Yang pertama yakni optimalisasi penyaluran KPR Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Tahun 2021 ini SMF mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Pemerintah sebesar Rp2,25 triliun yang bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021.

Baca Juga: Tak Boleh Mudik, Sandiaga Uno Berencana Gratiskan Ongkir untuk Produk Ekonomi

PMN tersebut seluruhnya akan dialokasikan untuk program penurunan beban fiskal Pemerintah melalui kontribusi SMF pada Program KPR FLPP.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan, PMN ini akan di-leverage hingga Rp6,37 triliun melalui penerbitan surat utang, ditambah dana sebesar Rp19,12 triliun yang berasal dari Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Pemerintah (PPDPP) untuk membiayai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) program FLPP.

"Sehingga total dana yang akan digulirkan Rp25 triliun untuk memproduksi KPR FLPP sebanyak 157.500 rumah dengan bunga tetap 5 persen selama 20 tahun untuk MBR," tutur Ananata dalam konferensi pers virtual, Senin (05/04/2021).

Baca Juga: Jangan Lewatkan Lelang Rumah Murah di Sekitar Jakarta, Cek di Sini

SMF juga akan merealisasikan amanat Pemerintah sebagai Wakil Pelaksana Investasi kepada Perum Perumnas. Tahap pertama yang sudah diinvestasikan senilai Rp200 miliar dari total Rp650 miliar.

Menurut Ananta, investasi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan melalui sinergi, transformasi, dan reposisi peran Perumnas dalam ekosistem perumahan nasional.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x