Kompas TV regional peristiwa

Cuaca Buruk Hambat Tim SAR Masuki Area Banjir di Larantuka NTT

Kompas.tv - 5 April 2021, 18:38 WIB
Penulis : Reny Mardika

NTT, KOMPAS.TV - Banjir bandang yang menerjang di Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur, mengakibatkan puluhan orang meninggal dan ratusan rumah hancur.

Hingga hari ini tim SAR dan pengiriman bantuan masih terkendala cuaca dan akses jalan yang rusak parah menuju lokasi banjir di Kabupaten Flores Timur.

Dari video amatir yang direkam oleh warga, evakuasi korban banjir yang tertimbun material bangunan terus dilakukan secara manual oleh warga dengan bergotong-royong.

Selain menelan korban jiwa, puluhan rumah di Desa Nele Lamadike beserta berbagai barang berharga milik warga setempat juga ludes diterjang longsor.

Sejumlah warga terdampak banjir di Pulau Adonara tepatnya di Desa Waiburak meminta bantuan pemerintah pusat dan daerah agar cepat melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak material longsor.

Warga tak bisa berbuat banyak karena untuk melakukan evakuasi membutuhkan alat berat.

Sementara itu akibat cuaca buruk, anggota tim SAR Maumere yang akan berangkat menuju Adonara untuk membantu pencarian dan evakuasi korban banjir bandang terhambat dan harus turun di pelabuhan terdekat dan melanjutkan dengan perjalanan darat.

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 4 hari belakangan, membuat semua pelayaran dihentikan sementara.

Hal ini dilakukan karena kondisi gelombang yang cukup tinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.