Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Sakit Kepala dan Pusing Sama atau Berbeda?

Kompas.tv - 4 April 2021, 16:56 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masih di Ayo Sehat, nah di episode kali ini kita mau membahas soal pusing dan sakit kepala nih sobat sehat, menurut kalian nih, pusing dan sakit kepala itu sama atau beda sih?

Dokter Spesialis Neurologi Felix Adrian menjelaskan, bila sakit kepala, kepala akan terasa seperti tertekan, terikat, tertusuk, berdenyut. Kalau pusing, kepala terasa berputar, melayang, goyang seakan naik perahu.

Nyeri kepala tipe tegang, kepala pada bagian dahi atau bahkan sampai dengan leher akan terasa tertekan atau terikat. Penderita sinusitis juga bisa mengalami sakit kepala seperti tertekan tergantung dari lokasi infeksi berasal.

Migren adalah sakit kepala sebelah terasa berdenyut dan bisa diperparah dengan cahaya yang terang. Sedangkan sakit kepala cluster sakit akan terasa pada posisi mata, biasanya disertai dengan pilek atau mata yang merah.

Sejumlah cara diyakini bisa mencegah pusing dan sakit kepalai, seperti istirahat yang cukup, makan-makanan yang bergizi, seperti harus sering makan buah-buahan dan juga sayur-sayuran dan melakukan pola hidup yang sehat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x