Kompas TV internasional kompas dunia

Kecelakaan Kereta di Taiwan Terburuk dalam 30 Tahun Belakangan

Kompas.tv - 2 April 2021, 14:45 WIB
kecelakaan-kereta-di-taiwan-terburuk-dalam-30-tahun-belakangan
Penumpang dibantu untuk turun dari kereta yang mengalami kecelakaan di Hualien, Taiwan, Jumat, 2 April 2021. (Sumber: hsnews.com.tw via AP)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV - Sebuah kereta api berpenumpang terlibat dalam kecelakaan di pantai timur Taiwan, Jumat (2/4/2021). Ini adalah kecelakaan kereta paling mematikan di Taiwan dalam 30 tahun ke belakang.

Kereta api itu menabrak sebuah truk yang melintang di rel. Sebagian tubuh kereta itu juga tergelincir keluar rel.

Akibatnya, kecelakaan ini menewaskan 34 orang dan mengakibatkan puluhan korban luka.

Baca Juga: Kebakaran di Kamp Rohingnya di Bangladesh Menewaskan Tiga Orang

Mengutip Associated Press, insiden itu terjadi di luar sebuah terowongan di dekat Kota Hualien di kawasan pantai timur Taiwan. Kecelakaan itu terjadi di dekat area pemandangan Ngarai Toroko sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Sebagian korban kecelakaan berusaha menyelamarkan diri dengan memanjat keluar jendela serta atap. Pejabat daerah Hualien mengatakan upaya penyelamatan para korban sedang berlangsung.

Media lokal melaporkan, kereta api itu memuat 350 penumpang di dalamnya. Kecelakaan ini terjadi saat libur nasional di Taiwan

Menurut laporan media lokal, kecelakaan itu bermula saat sebuah truk jatuh dari tebing dan mendarat di rel. Kereta yang baru muncul dari terowongan tak kuasa mengerem mendadak untuk menghindari tabrakan.

Baca Juga: Gugat "Sepatu Setan" yang Berisi Darah Manusia, Nike Meraih Kemenangan

Departemen penyelamatan daerah Hualien menyebut, truk itu terlihat jatuh setelah lokomotif kereta keluar dari terowongan. Akibatnya, mobil itu mengalami kerusakan paling parah.

Sebagian besar kereta masih terjebak di dalam terowongan. Akibatnya, para penumpang yang hendak menyelamatkan diri terpaksa merusak pintu, jendela, dan atap kereta api.

Situs web Kantor Berita Pusat Taiwan resmi menayangkan unggahan rekaman televisi dan foto dari orang-orang di tempat kejadian. Berbagai video dan foto itu menunjukkan orang-orang memanjat pintu kereta yang terbuka tepat di luar pintu masuk terowongan.

Kecelakaan itu terjadi pada hari pertama dari empat hari Festival Penyapuan Makam dan menjadi hari libur nasional di Taiwan.

Baca Juga: Arab Saudi Mendesak Agar OPEC Hati-hati Dalam Memutuskan Peningkatan Produksi Minyak

Kecelakaan kereta api terbesar di Taiwan terakhir terjadi pada Oktober 2018. Ketika itu, sebuah kereta ekspres tergelincir saat berbelok di tikungan sempit di pantai timur laut Taiwan.

Kecelakaan itu menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai hampir 200 orang.

Pada tahun 1991, kecelakaan kereta di Taiwan barat menewaskan 30 orang dan melukai 112 orang. Insiden itu menjadi kecelakaan kereta api paling mematikan di Taiwan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x