Kompas TV religi beranda islami

Sikap Muslim Menghadapi Wabah

Kompas.tv - 2 April 2021, 06:31 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Seorang muslim dalam menyikapi wabah pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini baiknya lebih bersikap optimis dan menghadapi segala persoalan dengan pikiran dingin serta perkataan yang baik, sehingga mampu mengurangi keresahan selama pendemi.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah dalam hadits dari Anas bin Malik RA, “Tidaklah penyakit menular tanpa izin Allah dan tidak ada pengaruh dikarenakan seekor burung, tetapi yang mengagumkanku ialah al-Fa'lu (optimisme), yaitu kalimah hasanah atau kalimat thayyibah (kata-kata yang baik).” (HR. Bukhari Muslim).

Disamping itu ia juga wajib meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi atas kehendak Allah.

Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: "Seandainya aku lakukan demikian dan demikian." Akan tetapi hendaklah kau katakan: "Ini sudah jadi takdir Allah (Qodarullah wa maa-syaa-a fa'ala) Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi." Karena perkataan seandainya dapat membuka pintu syaitan." (HR Muslim).

Sehingga dengan meyakini sepenuh hati atas segala sesuatu yang terjadi atas kehendakNya mampu menghilangkan perasaan putus asa dalam diri seseorang jika sedang mengalami cobaan atau musibah dalam hidupnya.

 

Wallahu 'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x