Kompas TV internasional kompas dunia

Kematian Tidak Langsung akibat Covid-19 di Meksiko Diperkirakan Mencapai 120.000 Jiwa

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 16:52 WIB
kematian-tidak-langsung-akibat-covid-19-di-meksiko-diperkirakan-mencapai-120-000-jiwa
Petugas memakamkan korban Covid-19 di Ciudad Juarez, Meksiko, 27 Oktober 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Eddward S Kennedy

MEKSIKO CITY, KOMPAS.TV – Covid-19 telah merenggut begitu banyak korban jiwa di Meksiko. Namun ternyata, kematian yang tidak disebabkan oleh Covid-19 secara langsung pun tak kalah tinggi.

Pada Selasa (30/3/2021), pejabat kesehatan di Meksiko menyatakan, telah terjadi lebih dari 120.000 kematian yang tidak disebabkan langsung oleh Covid-19.

"Bagian yang sangat penting dari kematian tersebut adalah orang-orang yang menderita masalah jantung, tetapi terlalu takut untuk pergi ke rumah sakit karena takut terinfeksi Covid-19," kata Dr. Ruy López Ridaura, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Meksiko, seperti dikutip dari Associated Press.

"Kasus-kasus ini tidak terkait langsung dengan infeksi virus corona, namun terkait dengan beban rumah sakit dan ketakutan yang dimiliki masyarakat."

Baca Juga: Meksiko Izinkan Penggunaan Darurat Vaksin Sinovac dan CanSino Buatan China

"Bukan tidak masuk akal untuk berpikir bahwa sebagian besar disebabkan oleh orang-orang yang tidak mencari pertolongan medis. Mereka takut pergi ke rumah sakit yang merawat banyak pasien Covid-19, karena takut terinfeksi," tambahnya.

Jumlah kematian akibat penyakit jantung dan diabetes meroket selama tahun 2020 di Meksiko. Kematian akibat penyakit jantung meningkat 36% tahun lalu, dibandingkan tahun 2019, dan kematian akibat komplikasi diabetes naik 46%.

Rasa takut bukan satu-satunya penyebab meningkatnya kematian yang tidak langsung disebabkan oleh Covid-19. Penyebab lain adalah karena sebagian besar rumah sakit di Meksiko tidak memiliki ruang untuk pasien non-Covid-19.

Ada juga masalah seperti perawatan yang terlambat karena beberapa rumah sakit tidak akan merawat pasien dengan kondisi darurat, sampai mereka melakukan tes virus corona.

Baca Juga: AS Kirim 2.7 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Meksiko

Hingga saat ini, Meksiko mencatat 322.263 kematian yang disebabkan langsung oleh Covid-19.

Korban jiwa akibat Covid-19 di Meksiko telah menyaingi Brasil, yang saat ini memiliki jumlah kematian tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Namun populasi Meksiko yang berjumlah 126 juta jauh lebih sedikit daripada kedua negara tersebut.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x