Kompas TV nasional budaya

Sajian Buka Puasa dari Belahan Dunia

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 12:23 WIB
sajian-buka-puasa-dari-belahan-dunia

 

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Purwanto

Jakarta, KOMPAS TV - Puasa Ramadan merupakan satu dari 5 rukun islam. Di mana ini adalah bentuk ibadah yang Allah SWT perintahkan langsung kepada umat-Nya yang beriman melalui ayat yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Nah, buka puasa adalah salah satu ritual spesial dan membahagiakan setelah fokus menahan diri dari lapar, haus dan hawa nafsu sepanjang hari dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Di Indonesia, kolak menjadi salah satu makanan khas favorit saat berbuka puasa. Selain biasa dibuat sendiri di rumah, kolak banyak dijual oleh penjaja makanan selama Ramadan. Lantas bagaiamana dengan negara lain?

Setiap negara memiliki menu khas sendiri untuk berbuka. Mulai dari makanan ringan hingga berat. Berikut adalah makanan khas berbuka puasa dari beberapa negara di belahan dunia.

1. Ful Medames, Mesir

Ful Medames merupakan terbuat dari rebusan kacang lava, minyak, bawang putih, dan juga air lemon. Medames biasanya disajikan sebagai menu sarapan, namun saat bulan Ramadhan, menu satu ini menjadi menu favorit untuk berbuka.

Selain Ful Medames, adapula Mahshi. Makanan ini dibuat dari campuran nasi dan rempah yang kemudian dimasukkan ke dalam terong hijau, sumsum, dan paprika. Terkadang, nasi dibungkus daun anggur dan dimasak bersama.

2. Samosa, Pakistan

Sama seperti Indonesia yang memiliki banyak aneka gorengan yang biasa dijadikan menu buka puasa. Samosa juga menjadi menu berbuka puasa yang paling terkenal di Pakistan. Bahkan, makanan ini juga dijual secara pre order di kota besar seperti Jakarta.

Samosa, salah satu menu khas berbuka puasa berbetuk gorengan segita dari Asia Tengah. (Sumber: Kabir Cheema, Unsplash)

3. Harira, Maroko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.