Kompas TV kolom opini

Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar: Tragedi Minggu Palma

Minggu, 28 Maret 2021 | 17:45 WIB
bom-bunuh-diri-di-gereja-katedral-makassar-tragedi-minggu-palma
Ilustrasi Minggu Palma (Sumber: The Church of the Epiphany)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Minggu (28/3/2021) ketika jantung kehidupan Makassar sudah mulai berdenyut, ketika warga mulai beraktifitas, ketika umat Katolik sedang beribadah merayakan Minggu Palma, mengawali Pekan Suci, sebuah bom bunuh diri meledak.

Bom meledak di pintu gerbang samping, dekat pos satpam, kompleks Gereja Katedral Hati Kudus Yesus,  Makassar. Ledakan terjadi pukul 10.26 WITA. Pelaku bom bunuh diri tewas. Beberapa orang terluka.

Tindakan itu, telah mengoyak persaudaraan kemanusiaan bangsa. “Apapun motifnya, aksi ini tidak dibenarkan agama karena dampaknya tidak hanya pada diri sendiri juga sangat merugikan orang lain,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Apapun alasan yang mendorong mereka melakukan tindakan itu adalah mereka mau menjadikan dirinya sebagai senjata. Pilihan ini adalah langkah pertama untuk memasuki wilayah kematian.

Serangan bunuh diri adalah metode operasional di mana tindakan serangan sangat tergantung setelah kematian pelaku. Di sinilah unsur kemanusiaan ditiadakan, ditinggalkan.

Dengan kata lain, mereka para pelaku penyerangan (bom) bunuh diri tidak mempertimbangkan aspek-aspek kemanusiaan, nilai-nilai kemanusiaan mereka robek-robek, injak-injak.

Mereka tutup mata. Yang penting, dia mati dan orang lain juga mati demi tercapainya tujuan. Karena itu, pilihan ini merupakan langkah pertama memasuki domain kematian.

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:34
WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEMENAG DAN PEMDA SOSIALISASIKAN PROSEDUR SHALAT TARAWIH DI MASA PANDEMI   MASJID ISTIQLAL, JAKARTA PUSAT, HANYA TAMPUNG 2.000 WARGA PADA PELAKSANAAN IBADAH SHALAT TARAWIH   SATGAS KOTA MATARAM, NTB, PERPANJANG PSBB SKALA MIKRO HINGGA 18 APRIL 2021   MENKOP UKM: KECINTAAN PADA KEBAYA TAK HANYA UNTUK GERAKKAN UMKM TAPI JUGA UNTUK AJAK MASYARAKAT CINTA PRODUK LOKAL   KEMENLU TEGASKAN KASUS PERDAGANGAN ORANG TERHADAP WNI YANG BERADA DI LUAR NEGERI MENJADI PRIORITAS   MENKEU: EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH HARUS BERKONTRIBUSI DALAM PEMULIHAN RI DARI TEKANAN AKIBAT KRISIS PANDEMI   TINGKATKAN PEMAHAMAN LARANGAN MUDIK, DIRLANTAS POLRI GELAR OPERASI KESELAMATAN JAYA MULAI 12 HINGGA 25 APRIL 2021   KADINKES DKI WIDYASTUTI: JUMLAH KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA MENGALAMI PENURUNAN SELAMA DUA MINGGU TERAKHIR   SEBANYAK 92.681 WARGA LANSIA DI JAKARTA SELATAN SUDAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA   DINAS PENDIDIKAN DKI: ORANGTUA PUNYA HAK PENUH TENTUKAN IZIN ANAKNYA IKUT SEKOLAH TATAP MUKA DI JAKARTA   UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA, DINAS PENDIDIKAN DKI AKAN TUTUP SEMENTARA SEKOLAH JIKA ADA KASUS COVID-19   POLRI MEMBATALKAN SURAT TELEGRAM KAPOLRI YANG MENGATUR TENTANG PELAKSANAAN LIPUTAN   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKIADES LAKA LENA: VAKSIN DALAM NEGERI JAWABAN DARI EMBARGO VAKSIN COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR MELKIADES LAKA LENA DORONG PEMERINTAH MILIKI KEMANDIRIAN VAKSIN DALAM HADAPI EMBARGO