Kompas TV internasional kompas dunia

Pertemuan 2+2 Indonesia-Jepang, Menlu Retno Marsudi & Menhan Prabowo Subianto Tiba di Tokyo

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 16:20 WIB
pertemuan-2-2-indonesia-jepang-menlu-retno-marsudi-menhan-prabowo-subianto-tiba-di-tokyo
Agenda utama kunjungan ke Tokyo adalah dalam rangka melakukan Pertemuan 2+2 (two plus two) ke-2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara. (Sumber: Dok KBRI Tokyo)

TOKYO, KOMPAS.TV - Sebagai tindak lanjut hasil kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu) Retno Marsudi bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berkunjung  ke Tokyo, Jepang pada 28-30 Maret 2021.

Menlu Retno Marsudi tiba di Bandara Narita Tokyo Minggu (28/3/2021) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Sementara itu Menhan Prabowo Subianto tiba pada Sabtu (27/3/2021).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan penguatan kerja sama Indonesia - Jepang terus dilakukan meski berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19.

"Kunjungan ini sangat penting bagi kemitraan strategis Indonesia-Jepang. Khususnya dalam mempererat kerja sama di masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan," ujar Dubes Heri Akhmadi, Minggu (28/3/2021).

Baca Juga: Kemenlu: Seluruh WNI yang Disandera Abu Sayyaf Telah Berhasil Dibebaskan

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri RI, agenda utama kunjungan ke Tokyo adalah dalam rangka melakukan Pertemuan 2+2 (two plus two) ke-2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara. Pertemuan 2+2 pertama diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2015.

Selama di Jepang, kedua menteri juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan masing-masing mitranya, yaitu Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi, dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi.

Kedua belah pihak akan membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama. Di antaranya upaya bersama menangani pandemi Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi masing-masing negara dan kawasan, kerja sama di bidang pertahanan, serta isu-isu strategis regional dan global.

Jepang merupakan mitra dagang Indonesia ke-2 dengan total nilai perdagangan USD24,3 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 senilai USD13,6 miliar atau di peringkat 14. Jepang juga adalah investor ke-4 terbesar di Indonesia. (Andy Lala)

Baca Juga: Potret Prabowo ke Rusia, Bahas Pertahanan Kedua Negara yang Alami Tren Positif

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x