Kompas TV nasional aiman

Makelar Tak Tersentuh Hukum, Aneh - AIMAN

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 21:33 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Dugaan korupsi pembelian lahan Pemprov DKI Jakarta, muncul lagi. Setelah pernah ramai di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kini, modus serupa dan “pemain” yang ditengarai sama, juga andil di proyek pembelian lahan untuk bank tanah era Gubernur Anies Baswedan. Negara diperkirakan mengalami kerugian ratusan miliar rupiah. 

Baca Juga: Eksklusif, Masuk ke Dapur Polisi Virtual - AIMAN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun bergerak. Tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Dirut BUMD, PT Pembangunan Sarana Jaya, Yoori Pinontoan, sebagai pihak pembeli dan dua direktur PT Adonara, Anja Runtuwene dan Tommy Adrian, sebagai pihak penjual, yang belakangan diketahui sebagai "Makelar Tanah". Satu hal yang menarik, dalam pemeriksaan KPK, tersebutlah nama Rudi Haryono Iskandar. Rudi adalah suami Anja Runtuwene. Rudi dikenal sebagai "makelar langganan" penyedia lahan bagi proyek Pemprov DKI. Nama Rudi muncul saat kasus dugaan korupsi pembelian lahan di Cengkareng era Gubernur Ahok tahu 2015 lalu.

 

Semua berawal dari pembelian 4,2 haktare tanah di Kawasan Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur oleh Sarana Jaya dari PT Adanaro. Sarana Jaya menangani beberapa proyek Pemprov DKI yang membutuhkan penyediaan lahan. Situasi menjadi pelik, karena pembelian tanah diduga digelembungkan (mark-up).  Untuk tanah di Pondok Ranggon ini, harga asli dari si pemilik, sebuah Yayasan Kesusteran, adalah 2,5 juta rupiah per meter persegi. Tanah ini kemudian dijual ke PT Adonara. PT Adonara kemudian menjual kepada Sarana Jaya sebesar 5,2 juta rupiah per meter persegi. Diduga, kongkalikong terjadi saat proses pembelian. Yayasan Kesusteran merasa masih memiliki tanah, karena PT Adonara belum melakukan pelunasan. Pun, beberapa karyawan Sarana Jaya yang melaporkan dugaan korupsi ini ke KPK, malah diteror dan dilaporkan balik ke polisi. Aiman mengungkap soal kejanggalan ini! 

Baca Juga: Banjir Rasa Presiden | AIMAN (Bag 5)

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono, menelusuri sengkarut pembelian tanah yang melibatkan BUMD DKI Jakarta. Aiman mendatangi lokasi dugaan lahan bermasalah di Pondok Ranggon. Apakah lokasi lahan ideal untuk bank tanah DKI? 

 

Aiman juga mendatangi Haris Azhar, yang menjadi pengacara pembongkar kasus korupsi lahan DKI, dan menemui fakta bahwa ada “pemain lama” dan oknum pejabat terkait pembelian lahan DKI. Terakhir, Aiman menemui Boyamin Saiman, Koordinator MAKI, yang akan terus menggugat praperadilan kasus lahan Cengkareng di era Gubernur Ahok hingga 100 kali sekalipun. Boyamin mengklaim memiliki bukti otentik terkait hubungan antara dua kasus dugaan korupsi lahan di era Gubernur Ahok dan Gubernur Anies, yang khusus akan diungkapnya di program AIMAN.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x