Kompas TV tekno internet

Internet Berulang Tahun Ke-32, Ini Harapan Sang Pendiri

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 10:31 WIB
internet-berulang-tahun-ke-32-ini-harapan-sang-pendiri
Ilustrasi: akses jaringan internet domain (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo

SOLO, KOMPAS.TV - Tim Berners-Lee penemu sistem World Wide Web (WWW) yang kini dijuluki sebagai internet pada 1989 silam menyampaikan harapannya pada ulang tahun ke-32 teknologi ini, Jumat (12/03/2021).

Dia berharap para pemerintah di tiap negara agar mengakselerasi pengadaan internet di wilayah masing-masing. Alasannya agar mereka yang membutuhkan, khususnya anak muda, dapat merasakan manfaat internet.

Baca Juga: Jaringan Internet Tetap Hidup Saat Nyepi

Tim mengatakan banyak anak muda di dunia belum mampu menjangkau teknologi ini. Dia mengutip riset International Telecommunication Union (ITU) yang melaporkan bahwa sepertiga anak muda berusia di bawah 25 belum bisa mendapatkan akses internet.

Seperti diberitakan Kompas.comSenin (15/03/2021) Tim juga menyoroti kendala pada perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.

"Banyak anak muda yang tak bisa merasakan akses data dan perangkat yang memadai untuk merasakan manfaat dari internet," tulisnya dalam blog WebFoundation.

Baca Juga: Polisi Bongkar Peredaran Uang Dolar Palsu Senilai Rp 1,4 Miliar, Pelaku Akui Belajar dari Internet

Dia juga mengutip laporan UNICEF terntang anak muda dan internet. "Hanya sepertiga dari mereka yang berumur di bawah 25 tahun memiliki akses internet kabel rumahan. 2,2 miliar anak muda di seluruh dunia belum bisa mendapatkan akses internet yang stabil," lanjutnya.

Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang memaksa seluruh kegiatan belajar mengajar dipindah menjadi digital. Internet yang stabil dirasa perlu agar para siswa mendapat pendidikan yang cukup.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x