Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerjasama KompasTV dengan BCA

Jangan Lewatkan, Ini Waktu Tepat Kredit Rumah dan Kendaraan

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 15:04 WIB
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memiliki aset idaman seperti rumah dan kendaraan saat pagebluk corona menjadi impian yang sulit terealisasi. Menurunnya produktivitas membuat banyak orang urung melakukan kredit karena takut kesulitan mengangsur cicilan.

Data dari Bank Indonesia menunjukkan, penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank umum pada kuartal I/2020 hanya mampu mencapai angka 7,1 persen (YoY) dan 4,1 persen pada kuartal selanjutnya. Padahal di periode yang sama tahun satu sebelumnya, penyaluran KPR bisa tumbuh mencapai 13,1 persen dan 12,9 persen.

Selama ini, kredit pemilikan rumah (KPR) selalu menjadi alternatif yang dipilih masyarakat untuk menyiasati tingginya harga properti. Dengan kredit, calon pembeli bisa memperoleh aset idaman tanpa harus menunggu waktu lama untuk menabung. Besar cicilan dan waktu yang ditawarkan pun relatif fleksibel dan telah disesuaikan dengan kemampuan calon pembeli.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), cicilan bulanan yang ideal berkisar antara 30-35 persen dari gaji bulanan. Jika ada cukup uang di dalam tabungan, calon pembeli disarankan untuk melakukan pembayaran DP terlebih dahulu agar cicilan kredit menjadi lebih ringan.

Agar tidak menjadi beban keuangan, utamakan penggunaan uang untuk membayar atau melunasi cicilan kredit. Namun, jangan lupa cek bagaimana proses pelunasan yang berbeda di tiap bank. Lakukan survei untuk mengetahui penawaran yang paling menguntungkan.

Salah satu penyedia sistem kredit yang paling populer adalah Bank Central Asia (BCA). Selama pandemi, BCA terus menyalurkan kredit, termasuk ke UMKM dan KPR. Namun karena jumlah angsuran lebih banyak daripada pinjaman baru, outstanding kredit di UKM dan konsumer jadi menurun.

“Bukan berarti kami tidak mengeluarkan kredit baru. Dalam sehari pengajuan KPR antara Rp 50 miliar sampai Rp 100 miliar,  jadi  dalam satu  bulan ini untuk KPR kami masih sekitar Rp 1 triliun,” jelas Direktur Bank Central Asia (BCA) Suwignyo Budiman, dilansir dari Kontan, (16/7/2020).

Terdapat tiga produk kredit yang biasa ditawarkan BCA, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Sepeda Motor (KSM).

Masing-masing memiliki keunggulan utama. KSM misalnya, menawarkan suku bunga flat dan fix selama waktu tenor. Selama masa peminjaman, jumlah angsuran tidak akan berubah di waktu tertentu. Sementara, KPR BCA memiliki banyak pilihan suku bunga dan fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli. Angsuran ringan dengan suku bunga floating rendah dan stabil merupakan penawaran yang layak dipertimbangkan.

Membuka lembaran baru di tahun 2021, BCA mengeluarkan bunga spesial KPR, KKB, dan KSM untuk nasabah dan masyarakat umum. Bunga spesial KPR ditawarkan fix 1 tahun sebesar 3,88 persen untuk rumah baru dan second, KKB sebesar 2,99 persen dengan tenor 3 tahun, serta KSM 6,4 persen flat per tahun.

Cara memperoleh bunga spesial

Bunga spesial KPR, KKB, dan KSM merupakan salah satu penawaran yang terdapat di BCA Expoversary Online 2021. Mulai 27 Februari - 27 Maret 2021, nasabah dan masyarakat umum dapat mengunjungi situs expo.bca.co.id untuk mendapat kejutan menarik lainnya.

Dalam rangka HUT ke-64, BCA berbagi momen spesial dengan nasabah sekaligus meringankan beban pembelian aset di masa pandemi.

Sebanyak 88 grup developer 280 proyek hunian, 170 kantor agen properti, 18 merek mobil dengan 400an dealer, serta 14 merek motor akan digandeng sebagai tenant dalam BCA Expoversary Online 2021.

Tidak hanya bunga spesial kredit, berbagai produk Solusi Digital BCA, yakni BCA mobile, VIRA, Flazz, Apply Online Kartu Kredit, Sakuku, dan Oneklik juga ikut berpartisipasi di perayaan ini.

Pengunjung juga akan disuguhkan dengan webinar dan talkshow menarik seputar keuangan, misalnya: tips membeli rumah ketika pandemi, cara berinvestasi saat ekonomi sedang tidak maksimal, atau cara investasi asuransi.

Tidak perlu khawatir melewatkan informasi ini, pengunjung dapat menonton ulang webinar yang telah berlangsung dengan meng-klik tombol play pada topik yang diinginkan.

Semua masyarakat, baik nasabah BCA maupun pengunjung umum dapat mengikuti kegiatan BCA Expoversary Online 2021. Caranya mudah, cukup dengan melakukan registrasi di laman web expo.bca.co.id melalui ponsel, PC, laptop, atau tablet, kemudian klik tombol daftar.

Pengunjung juga bisa mengumpulkan Expo Poin untuk mendapatkan hadiah harian dan hadiah utama. Tersedia 64 hadiah harian berupa saldo Sakuku senilai Rp 150 ribu atau kartu Flazz edisi khusus BCA Expoversary Online dengan saldo Rp 150 ribu.

Selain itu, hadiah utama berupa iPhone 12 telah disiapkan untuk 5 pengunjung dengan poin tertinggi dan tercepat di akhir periode acara, dengan syarat melakukan transaksi pembelian produk yang ditawarkan pada situs atau mengajukan permohonan fasilitas yang ditawarkan pada situs dan pengajuan fasilitas tersebut telah disetujui, sebanyak minimal 2x.

BCA Expoversary Online 2021 hadir sebagai one stop service yang menyediakan solusi keuangan dan perbankan kepada nasabah dan masyarakat yang membutuhkan hunian nyaman dan kendaraan idaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x