Kompas TV kolom opini

Paus Fransiskus dan Ayatollah Al-Sistani

Rabu, 10 Maret 2021 | 19:01 WIB
paus-fransiskus-dan-ayatollah-al-sistani
Paus Fransiskus bertemu dengan ulama terkemuka Syiah Irak, Ayatollah Ali al-Sistani di Najaf, Irak, Sabtu, 6 Maret 2021. (Sumber: AP Photo/Vatican Media)

Oleh Trias Kuncahyono, Jurnalis Harian Kompas

I

Setelah dirundingkan berbulan-bulan, akhirnya Paus Fransiskus bertemu Ayatollah Agung Sayyid Ali al-Husaini Sistani, di Najaf, hari Sabtu lalu. Najaf, salah satu kota suci bagi Syiah yang terletak sekitar 160 km selatan Baghdad ibu kota Irak, tempat makam Imam ‘Al ibn Ab T lib, menjadi saksi pertemuan bersejarah dan penuh makna itu.

Pertemuan dua pemimpin agama yang sudah sepuh ini—Paus Fransiskus (84) dan Ayatollah al-Sistani (90)—sangat bersejarah, tonggak sejarah. Baik itu sejarah Irak negeri yang demikian lama dicabik-cabik konflik sektarian maupun sejarah dialog antar-iman global.

Ini kali pertama seorang Paus mengunjungi Irak; dan bertemu pemimpin tertinggi Syiah Irak. Tahun 2019, Paus Fransiskus bertemu Imam Besar Al-Azhar Mesir Ahmed Muhammad Ahmed el-Tayyeb di Abu Dhabi, UAE. Sheikh al-Tayyeb, yang juga Ketua Dewan Para Tetua Muslim (the Muslim Council of Elders).

Dalam pertemuan itu mereka menandatangani The Document on Human Fraternity for World Peace and Living Together, Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama atau sering disebut sebagai “Dokumen Abu Dhabi”. Karena itulah, Dokumen Abu Dhabi ini menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di antara umat beragama.

Kedua pertemuan itu semakin memaknai nama Fransiskus yang dipilih oleh Kardinal Jorge Mario Bergoglio setelah terpilih menjadi Paus pada tahun 2013. Apa yang ia lakukan—bertemu Sheik Ahmed el-Tayyeb dan Ayatollah Sayyid Ali al-Sistani—mengikuti jejak Santo Fransiskus Asisi yang di tengah kecamuk Perang Salib 1219, menemui Sultan al-Malik al-Kamil, sepupu Salahuddin yang berkuasa atas Mesir, Suriah, dan Palestina.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:44
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI