Kompas TV nasional sosial

Hari Musik Nasional, Ini Kisah Lagu-Lagu Terlarang dari Indonesia Raya sampai Lagu The Beatles

Selasa, 9 Maret 2021 | 17:17 WIB
hari-musik-nasional-ini-kisah-lagu-lagu-terlarang-dari-indonesia-raya-sampai-lagu-the-beatles
Foto personel kugiran The Beatles. Musik mereka sempat dilarang oleh Presiden Soekarno. (Sumber: PA via Kompascom)

SOLO, KOMPAS.TV - Indonesia memperingati Hari Musik Nasional setiap 9 Maret. Peringatan ini sebagai bentuk apresiasi pada musik.

Peringatan ini berawal dari keputusan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013, SBY menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Kepres itu menjelaskan, peringatan Hari Musik Nasional untuk meningkatkan apresiasi masyarakat pada musik. Hal ini juga untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi insan musik Indonesia.

Baca Juga: Cerita 9 Maret Jadi Hari Musik Nasional dan Kelahiran WR Supratman

Di luar usaha apresiasi pemerintah baru-baru ini, masyarakat di wilayah nusantara sebenarnya pernah mengalami kesulitan hanya untuk sekedar mendengar lagu. Rezim dari tiap masa sering takut oleh keberadaan lagu dan musik.

Mereka melarang musik dan lagu dengan berbagai alasan. Berikut kisah-kisah pelarangan musik dan lagu di Indonesia.

1. Indonesia Raya

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


ROSI

Ada Politisasi Vaksin Nusantara? - ROSI

Sabtu, 17 April 2021 | 09:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:20
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 139.501.416 POSITIF, 79.498.221 SEMBUH, 2.992.237 MENINGGAL DUNIA   KAPOLDA PAPUA IRJEN MATHIUS D FAKHIRI MEMINTA TNI-POLRI TIDAK TERPANCING AKSI PENEMBAKAN KKB   WAMENAG ZAINUT TAUHID SAADI BUKA KEMUNGKINAN ONGKOS HAJI TAHUN INI AKAN NAIK KARENA BIAYA PROKES   EKS MENPERIN SALEH HUSIN POSITIF COVID-19 DAN TENGAH MENJALANI ISOLASI DI EKA HOSPITAL BSD, TANGERANG, BANTEN   KEPALA BPOM PENNY K LUKITO: VAKSIN MERAH PUTIH YANG DIKEMBANGKAN UNAIR DITARGETKAN MULAI DIPRODUKSI AWAL 2022   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH SIKAPI SERIUS LONJAKAN KASUS COVID-19 DI SEJUMLAH NEGARA   ANGGOTA KOMISI E DPRD DKI BASRI BACO SEBUT SELEKSI PPDB 2021 AKAN MENGUTAMAKAN ZONA RT/RW   PEMPRIOV JABAR GANDENG KPPU DALAM SINERGITAS DALAM BIDANG PERSAINGAN USAHA DAN PENGAWASAN KEMITRAAN   DISNAKERTRANS JAWA BARAT SIAP MENGAWASI PERUSAHAAN DALAM PEMBAGIAN THR   POLISI BERENCANA DIRIKAN LIMA CEK POIN KENDARAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   POLISI MASIH BURU TIGA TERDUGA TERORIS YANG MASUK DAFTAR PENCARIAN ORANG DI JAKARTA DAN SEKITARNYA   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN PERTAHANKAN MEKANISME PPDB SEPERTI YANG DITERAPKAN TAHUN LALU   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: 99% KEBUTUHAN PANGAN DI JAKARTA DIPASOK DARI LUAR DAERAH   WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.234: 3.325 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 728 DALAM PERAWATAN