Kompas TV nasional update corona

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat untuk Vaksin AstraZeneca Asal Inggris

Selasa, 9 Maret 2021 | 17:00 WIB

KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin Emergency Use Authorization atau penggunaan masa darurat untuk vaksin AstraZaneca. Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menyatakan, vaksin Astrazaneca aman untuk warga dewasa dan lansia.

Menurut BPOM, setelah melalui uji klinis, diketahui tidak ada efek samping yang membahayakan bagi subjek uji klinis dan meningkatkan antibodi, terhadap virus corona.

BPOM menyatakan telah mengevaluasi dan mengeluarkan izin penggunaan masa darurat, 22 Februari lalu.

Sebelumnya, sebanyak 1.113.600 dosis vaksin virus corona asal perusahaan Farmasi Inggris AstraZeneca tiba Indonesia pada Senin sore (08/03/2021).

Kedatangan vaksin kali ini tercatat sebagai penerimaan vaksin tahap keenam di Indonesia.

KOMPAS.TV - Vaksin AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dibawa oleh pesawat KLM Royal Dutch Airlines.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pengiriman vaksin kali ini melalui skema kerjasama multilateral aliansi global untuk vaksin dan imunisasi atau Gavi Covax Facility.

Fasilitas ini merupakan kerja sama pengembangan vaksin antara badan kesehatan dunia WHO dan Gavi.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:09
PEMERINTAH RESMI MEMBERIKAN INSENTIF PPNBM UNTUK MOBIL DENGAN KAPASITAS 1.500-2.500 CC   SEBANYAK 16 BUKU PAHAM RADIKAL DISITA DARI TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI KUDUS   DENSUS 88 MENANGKAP SEORANG TERDUGA TERORIS DI KUDUS, JAWA TENGAH   JELANG RAMADAN, PEMKAB MAJALENGKA AKAN AWASI PENIMBUN BAHAN POKOK   SEBANYAK 1.000 PERSONEL GABUNGAN DITERJUNKAN UNTUK JAGA SEMUA GEREJA SELAMA PASKAH DI CIANJUR, JABAR   JUBIR VAKSINASI COVID-19 SEBUT INDONESIA AKAN KEDATANGAN LAGI VAKSIN COVID-19 DARI SINOVAC PADA APRIL 2021   JUBIR VAKSINASI COVID-19: BIO FARMA MASIH PRODUKSI 11 JUTA DOSIS VAKSIN JADI UNTUK KEBUTUHAN APRIL   JUBIR VAKSINASI COVID-19 KEMENKES SEBUT BIO FARMA SAAT INI BARU PRODUKSI VAKSIN JADI 7-11 JUTA DOSIS UNTUK APRIL   JUBIR VAKSINASI COVID-19 KEMENKES SITI NADIA TARMIZI: STOK VAKSIN UNTUK APRIL SEBANYAK 23 JUTA DOSIS   JUBIR VAKSINASI COVID-19 KEMENKES SITI NADIA TARMIZI SEBUT VAKSIN YANG TELAH DITERIMA INDONESIA 57 JUTA DOSIS VAKSIN   ANTISIPASI TEROR, POLISI CEK KENDARAAN YANG KELUAR MASUK SURABAYA-SIDOARJO   PERCEPAT VAKSINASI COVID-19, POLRES LOMBOK UTARA BUKA LAYANAN VAKSINASI “DRIVE THRU”   DUKUNG PERGERAKAN EKONOMI DAERAH, KEMENPAREKRAF FOKUS KEMBANGKAN POTENSI DESA WISATA   ANTISIPASI TEROR, BRIMOB STERILISASI GEREJA KATEDRAL DENPASAR, BALI