Kompas TV internasional kompas dunia

Orang Yang Sudah Divaksin Bisa Saling Berkumpul Tanpa Masker dan Pembatasan Sosial di AS

Kompas.tv - 9 Maret 2021, 00:30 WIB
orang-yang-sudah-divaksin-bisa-saling-berkumpul-tanpa-masker-dan-pembatasan-sosial-di-as
Asisten Medis Keona Shepard tampak menyiapkan suntikan berisi vaksin Covid-19 Johnson & Johnson untuk diberikan pada warga AS di New Orleans, AS, Kamis (4/3). (Sumber: Chris Granger / The Advocate via AP, File)
Penulis : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV – Para warga Amerika Serikat (AS) yang sudah divaksin penuh dapat berkumpul bersama mereka yang juga sudah divaksin dalam ruangan yang sama tanpa harus mengenakan masker atau melakukan pembatasan sosial. Ini terungkap dalam panduan protokol kesehatan (prokes) federal AS seperti dilansir dari Associated Press, Senin (9/3).

Rekomendasi panduan tersebut juga menyatakan, orang yang telah divaksin dapat berkumpul dengan cara yang sama dengan orang yang dianggap memiliki risiko rendah atas penyakit parah. Misalnya, dalam kasus kakek nenek yang sudah divaksin saat mengunjungi anak-anak dan cucu mereka yang sehat.

Baca Juga: SAH!! BLT Biden Meluncur, Tiap Warga Amerika Serikat dapat Bantuan Senilai 20 Juta Rupiah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan panduan prokes ini pada Senin (8/3).

Panduan prokes ini dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, seiring banyaknya orang dewasa yang divaksin dan bertanya-tanya apakah vaksinasi memberikan mereka kebebasan untuk mengunjungi sanak keluarga, bepergian atau melakukan hal-hal yang biasa mereka lakukan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga: Amerika Serikat Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 yang Hanya Sekali Suntikan, Johnson & Johnson

“Kami paham bahwa orang-orang mau divaksin agar mereka dapat beraktivitas bersama orang-orang terkasih,” ujar Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky.

Namun, CDC merekomendasikan agar mereka yang telah menerima vaksin penuh, tetap mengenakan masker, menghindari kerumunan, dan melakukan pembatasan fisik dengan orang lain saat berada di area publik. CDC juga menyarankan agar mereka yang telah divaksin, melakukan tes Covid-19 jika mengalami gejala-gejala Covid-19.

Baca Juga: Pemerintahan Biden Akan Kirimkan Jutaan Masker ke Seluruh Amerika Serikat

Seseorang dianggap telah menerima vaksin secara penuh pada 2 minggu setelah menerima dosis vaksin terakhir – atau dosis kedua – yang diwajibkan. Menurut data CDC, sejauh ini, sekitar 30 juta rakyat AS – atau hanya sekitar 9% dari populasi rakyat AS – telah divaksin penuh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x