Kompas TV regional berita daerah

Siswa Ini Isi Waktu Luang Selama Sekolah Daring Dengan Budidaya Tokek Hias

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 20:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV - Berawal dari banyaknya waktu luang selama sekolah daring, seorang pelajar di Kota Malang Jawa Timur sukses budidaya tokek hias atau gecko. Kini ia berhasil mengembangbiakkan tokek dan menjualnya hingga luar kota.

Adalah Jhossie Noventiago, seorang pelajar kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang, yang sukses budidaya gecko.

Baca Juga: Seorang PNS Sukses Budidaya Burung Puter Pelung, Omzet Puluhan Juta Per Bulan

Ia tidak menduga dari iseng dan coba – coba justru membuahkan hasil. Awalnya untuk mengisi waktu luang selama sekolah daring, Jhossie mencoba berternak gecko atau tokek hias lucu.

Setelah berjalan cukup lama, 5 indukan gecko piaraannya berkembang biak menjadi puluhan ekor dengan aneka ragam corak dan warna.

Baginya, budidaya gecko tidak terlalu sulit, selain tidak membutuhkan tempat luas, gecko cukup diletakkan dalam wadah plastik. Pemberian makan cukup tiga hari sekali, gecko dewasa diberi makan jangkrik, sedangkan gecko anakan diberi makan ulat hongkong.

Baca Juga: Usaha Bangkrut, Pemuda Ini Beralih Budidaya Ikan Cupang Giant

Meski baru terjun di budidaya gecko, namun gecko miliknya banyak diminati para pecinta reptil. Jhossie memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya. Pembelinya tidak hanya dari Kota Malang, namun juga luar kota.

Jhossie Noventiago mengatakan harga gecko bervariasi, mulai 80 ribu hingga 250 ribu rupiah. Bahkan mencapai belasan juta rupiah.

Selain gecko, ia juga membudidayakan kura - kura brazil dan hasilnya juga cukup memuaskan. Ia beberapa kali berhasil menetaskan telur kura - kura.

 

#SekolahDaring #BudidayaGecko #TokekHias #Siswa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x