Kompas TV video cerita indonesia

7 Sosok Wanita yang Bikin Bangga Indonesia di Dunia Internasional

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 19:34 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati tiap 8 Maret untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan.

Dari bidang politik hingga seni, berikut 7 sosok wanita yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional:

Sri Mulyani Indrawati

Menkeu Sri Mulyani pernah meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik.

Ia pernah menjabat sebagai salah satu Direktur Pelaksana Bank Dunia (2010), dan beberapa kali masuk daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Majalah Forbes.

Butet Manurung

Pencetus sekaligus pendiri Sokola Rimba sejak 1999.

Atas dedikasinya terhadap pendidikan masyarakat terasing dan terpencil di Indonesia, ia menerima penghargaan sebagai salah satu Pahlawan Asia dari TIME (2004) dan penghargaan Magsaysay (2014).

Anggun C. Sasmi

Penyanyi Indonesia pertama yang menembus tangga musik Billboard.

Pernah menerima penghargaan seperti "The Cosmopolitan Asia Women Award" (2000) dan “World's Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards (2014).

Christine Hakim

Sempat ditunjuk sebagai juri Festival Film Cannes ke-55, juga pernah membintangi film Eat Pray Love (2010). Selain itu, di tahun 2018 ia terpilih sebagai Duta Jasa-Jasa Baik Indonesia untuk UNESCO.

Liliyana Natsir

Liliyana Natsir pernah mendapatkan gelar juara dunia bulu tangkis pada 2006. Ia juga meraih tiga gelar juara secara beruntun di All England (2012-2014), serta medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Laras Sekar

Model asal Indonesia yang mendunia, pernah melenggang di Paris Fashion Week 2017. Baru-baru ini diketahui menjadi model iklan produk kosmetik milik Kim Kardashian.

Nicke Widyawati

Menjabat Dirut PT Pertamina (Persero) sejak 2018, nama Nicke berada di peringkat 25 dalam daftar The World’s Most Powerful Women versi Forbes (2020). Ia juga pernah menerima penghargaan Women's Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013.(*)

Motion Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x