Kompas TV nasional sapa indonesia

Bantu Berantas Buta Aksara, TNI Ajarkan Baca dan Tulis pada Warga Desa di Jember

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 19:11 WIB

KOMPAS.TV - Perjalanan puluhan kilometer dari pusat kota sudah rutin dilewati oleh para Tentara Nasional Indonesia dari Kodim 0824 Jember, Jawa Timur. 

Tak hanya bertugas untuk menjaga NKRI, para prajurit ini pun tengah bertugas membantu mengentaskan warga buta aksara.

20 warga yang terdaftar menjadi peserta belajar baca dan tulis ini, merupakan warga lanjut usia yang  berada di Dusun Sumberlanas Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Jember, Jawa Timur. Lokasi dusun ini terpencil.

Satu persatu para peserta, dikenalkan dengan huruf. Kemudian akan diminta untuk menuliskan di buku yang sudah disiapkan.

Dengan penuh kesabaran, para prajurit tni, meyakinkan para peserta, bahwa bisa membaca dan menulis akan berguna bagi mereka ke depannya.

Belajar membaca dan menulis yang digelar oleh TNI sangat dirasakan manfaatnya oleh warga karena sejak kecil warga tak pernah mengenyam bangku sekolah.

Gerakan pengentasan buta aksara bagi warg  merupakan salah satu rangkaian kegiatan TNI Manunggal membangun desa 2021 yang dilakukan Kodim 0824 Jember.

Kegiatan ini mendidik warga agar bebas dari stigma buta huruf dan tidak bisa membaca, karena pada prinsipnya tidak ada kata terlambat untuk belajar 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x