Kompas TV nasional sapa indonesia

Kisah Pilu Prajurit TNI Alami Kelumpuhan Usai Disengat Tawon Saat Latihan

Senin, 8 Maret 2021 | 18:42 WIB

KOMPAS.TV - Empat tahun sudah, Kopral Kepala Ade Casmita duduk di kursi roda, di rumahnya di Desa Dawuan Kaler, Kecamatan Dawuan, Subang, Jawa Barat.

Kopka Ade lumpuh seusai disengat 8 tawon vespa afinis saat latihan di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, 4 tahun lalu.

Ketika itu, Ade yang terampil di bidang kelistrikan dan telekomunikasi, akan memasang perangkat radio penunjang latihan. 

Ia harus memanjat menara setinggi 70 meter dan menemukan sarang tawon.

Demi keselamatan agar tidak jatuh, Kopka Ade mengambil dan membungkus sarang tawon itu dengan plastik. 
Namun petaka datang, 8 ekor tawon menyengat sekujur tubuh Kopka Ade.

Kopka Ade masih bisa turun dari menara, meski dalam kondisi sakit, hingga akhirnya ia dipulangkan. 

Kopka Ade sempat diobati, tetapi mengalami kelumpuhan beberapa hari kemudian.

Kopka Ade kemudian dipindahkan ke Kodim 0605 Subang, dan masih menjalani pengobatan. 
Gaji sebagai prajurit TNI, seluruhnya digunakan keluarga untuk biaya pengobatan dan cicilan rumah.

Beruntung, Kopka Ade memiliki istri yang tangguh. Sang istri berjualan seblak, jajanan khas Bandung untuk mencukupkan kebutuhan sehari-hari.

Kondisi Kopka Ade menjadi perhatian.

Jajaran Kodim 0605 Subang memberikan bantuan untuk kesembuhan Kopka Ade. Bahkan, anak sulung Kopka Ade, tengah dalam pelatihan khusus agar bisa memenuhi kualifikasi untuk masuk menjadi anggota TNI.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:12
KAPOLRI DAN KOMNAS HAM TEKEN NOTA KESEPAHAMAN SOAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA   PT MRT JAKARTA TEKEN KONTRAK PROYEK FASE 2A BUNDARAN HI-KOTA SENILAI RP 4,6 TRILIUN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KEPULANGAN PERANTAU KE KAMPUNG HALAMAN MENINGKATKAN KASUS COVID-19   SATGAS: KASUS KONFIRMASI POSITIF DAN KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA MINGGUAN MENGALAMI KENAIKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PASTIKAN KEBUTUHAN WARGA KORBAN KEBAKARAN DI TAMAN SARI TERPENUHI   POLISI BERENCANA DIRIKAN 2 POSKO PEMERIKSAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKOT JAKARTA PUSAT AKAN TUTUP JEMBATAN YANG JADI AKSES UNTUK TAWURAN DI JOHAR BARU   KEMENDIKBUD: KAMUS SEJARAH YANG TAK CANTUMKAN NAMA TOKOH PENDIRI NU KH HASYIM ASY'ARI SUDAH DITARIK DARI SITUS   POLISI BERKOORDINASI DENGAN DIREKTORAT IMIGRASI UNTUK CABUT PASPOR JOZEPH PAUL ZHANG   KEMENTERIAN KESEHATAN: ADA KEMUNGKINAN VAKSINASI COVID-19 LIBUR SELAMA IDUL FITRI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKNOLOGI LISTRIK YANG GUNAKAN PEMBANGKIT ENERGI SAMPAH HARUS TERUS DIKEMBANGKAN   DEWAS KPK MINTA PIMPINAN KPK USUT DUGAAN BOCORNYA INFORMASI PENGGELEDAHAN DI DUA LOKASI DI KALSEL   PPKM DIPERPANJANG, WAGUB DKI: TAK ADA PERUBAHAN ATURAN KECUALI JAM BUKA RESTORAN   KEMENKOMINFO SEBUT JOZEPH PAUL TETAP DAPAT DIJERAT UU ITE MESKI BERADA DI LUAR NEGERI