Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi: dengan Kekuatan Pasar Raksasa yang Kita Miliki, Kita Mempunyai Leverage yang Kuat

Kompas.tv - 8 Maret 2021, 20:08 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Hadir dalam acara Rakernas tersebut di antaranya Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BPPT Hammam Riza, dan ribuan peserta Rakernas yang mengikuti jalannya acara secara virtual.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta BPPT Berburu Inovasi dan Teknologi

Salah satu poin yang ditekankan Presiden Jokowi adalah mengenai potensi kekuatan besar yang dimiliki Indonesia, yakni pasar dan kekayaan sumber daya alam.

"Dengan kekuatan pasar raksasa yang kita miliki, kekuatan pasar besar yang kita miliki, juga dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, kita mempunyai leverage yang kuat. Pikirkan betul cara-cara cerdas untuk melakukan akuisisi teknologi ini secara murah," ucap Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi: BPPT Harus Menjadi Lembaga Akuisisi Teknologi Maju dari Mana Pun

Presiden juga mengingatkan BPPT dan beberapa Kementerian terkait, untuk melakukan akuisisi teknologi dan bukan hanya sekedar membeli alat dari luar negeri.

"Jadi jangan sekedar membeli mesin jadi sekaligus bersama seluruh ahlinya, tapi kita harus membuat kerjasama teknologi di Indonesia," tutur Presiden.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x