Kompas TV TALKSHOW polling

Jurnalis Ungkap Cerita Vaksin di Malaysia, Apakah Sama dengan Indonesia? - POLLING #28

Kompas.tv - 7 Maret 2021, 11:03 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah negara saat ini tengah fokus untuk program vaksinasi untuk menanggulangi Covid-19, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Jurnalis Astro Awani Malaysia, Luqman Hariz berbagi cerita kepada Kompas.tv mengenai strategi Malaysia dalam melakukan vaksinasi.

Untuk jenis vaksin yang digunakan pertama kali, Indonesia menggunakan vaksin Coronavac dari Sinovac. Sementara Malaysia menggunaka vaksin Pfizer.

Dengan perbedaan penggunaan vaksin di tahap awal ini, maka strategi vaksin kedua negara juga berbeda.

Di negeri jiran, vaksinasi menempatkan tenaga medis sebagai prioritas utama, kemudian diikuti dengan pemberian vaksin kepada orang lanjut usia atau lansia.

Sementara di Indonesia, lansia baru saja mendapatkan kesempatan untuk divaksin karena izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk lansia baru saja dikeluarkan oleh BPOM pada 5 Februari 2021.

Selain itu, vaksinasi di Malaysia juga tidak diwajibkan alias sukarela. Hal ini berbeda dengan Indonesia di mana pemerintah Indonesia mewajibkan setiap warga untuk melakukan vaksinasi.

Namun, kebijakan untuk tidak mewajibkan vaksin di Malaysia diambil, karena pemerintah Malaysia yakin masyarakat di negara tersebut sebagian besar mau melakukan vaksin, sehingga kekebalan kelompok bisa tercapai.

Video editor: Faqih Fiisabilillah

Baca Juga: Menkes: Pemerintah Siapkan 363 Juta Dosis Vaksin Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x