Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Sering Alami Bruntusan atau Fungal Acne, Ini Cara Sederhana Menghilangkannya

Sabtu, 6 Maret 2021 | 07:10 WIB
sering-alami-bruntusan-atau-fungal-acne-ini-cara-sederhana-menghilangkannya
Ilustrasi bruntusan atau fungal acne di kulit. (Sumber: doktersehat.com)

SOLO, KOMPAS.TV - Bruntusan atau bintik-bintik kecil di kulit bisa terlihat mengganggu. Masalah ini memang kerap terjadi di bagian wajah, jidat, punggung, pundak, dan dada. Namun, ada cara mengatasinya.

Bintik-bintik kecil ini sekilas mirip dengan jerawat. Namun, bisa jadi bruntusan ini adalah masalah kulit yang umum disebut sebagai fungal acne. Apa itu fungal acne?

Dokter spesialis kulit dr. Arthur Samuel Simon, Sp.KK menyebut, fungal acne berbeda dengan jerawat biasa. Dokter biasanya menyebut jerawat jenis ini sebagai Malassezia Folliculitis.

Baca Juga: Terungkap! Bahan yang Dipakai Chelsea Islan untuk Merawat Kulit Cantiknya

“Jerawat adalah peradangan pada kelenjar minyak dan salurannya. Jadi saluran minyak yang keluar di pori-pori itu tersumbat dan setelah itu kemasukan bakteri atau kuman,” jelas Arthur dalam siaran di Instagram Perdoski, Kamis (26/11/2021). 

“Kalau fungal acne, itu istilah awam untuk suatu jerawat yang penyebabnya jamur,” tambah Arthur.

 Tampilan fungal acne ini sedikit berbeda dengan jerawat.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:02
KEBUN BINATANG SYDNEY DITUTUP SEMENTARA KARENA POLISI SELIDIKI SEBAB KEMATIAN SEEKOR SIMPANSE   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,0 TERJADI DI TAHUNA, KEPULAUAN SANGIHE, SULUT, TAK BERPOTENSI TSUNAMI   BPBD JATIM SEBUT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1 TERASA DI 17 KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR   RSUD MARDI WALUYO KOTA BLITAR PASTIKAN TIDAK ADA PASIEN YANG TERTIMPA ATAP YANG AMBRUK AKIBAT GEMPA MALANG   SEORANG PENGENDARA MOTOR DI LUMAJANG MENINGGAL TERTIMPA BATU DI PERBUKITAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   PATUNG GORILA DI JATIM PARK 2 JATUH AKIBAT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BPBD ACEH TIMUR: 250 WARGA DESA PANTON RAYEUK, KECAMATAN BANDA ALAM, MENGUNGSI AKIBAT BAU SUMUR GAS PT MEDCO E&P MALAKA   PEMKOT BEKASI TUNGGU INSTRUKSI PEMERINTAH PUSAT SOAL PENYEKATAN PEMUDIK DI MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   DIREKTORAT SMP KEMENDIKBUD: KEBERADAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DUKUNG PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS   SATGAS COVID-19 INGATKAN MUDIK LEBARAN DI MASA PANDEMI BERISIKO TINGGI   PEMERINTAH: 10 APRIL 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 13.323.866 SPESIMEN   HINGGA 10 APRIL 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 59.139 ORANG   SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 95 KASUS, TOTAL 42.443 KASUS   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 3.629 ORANG, TOTAL 1.409.288 ORANG