Kompas TV bisnis kebijakan

Siap-siap, Bansos Tunai (BST) Tahap 2 Cair Pekan Depan

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 06:00 WIB
siap-siap-bansos-tunai-bst-tahap-2-cair-pekan-depan
Warga Menerima Bansos Tunai lewat Bank DKI (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari mengatakan, bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 300.000 untuk tahap 2 akan dicairkan pada minggu kedua Maret.

"Untuk BST Tahap 2 ini dana akan ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat pada minggu kedua bulan Maret 2021 secara serentak. Kecuali, untuk usulan baru yang membutuhkan proses cetak buku dan kartu ATM Bansos," terang Premi dalam siaran pers tertulisnya, Jumat (05/03/04).

Seharusnya, BST tahap 2 dicairkan pada Februari lalu. Namun Dinsos DKI sedang memperbarui data penerima BST, sehingga pencairannya terlambat.

Baca Juga: Koalisi Reformasi Perlindungan Sosial Temukan 75 Kepala Keluarga Mampu di DKI Dapat Bansos Tunai

Pembaruan data penerima bansos dilakukan karena adanya penerima manfaat yang meninggal dunia, pindah luar DKI Jakarta, perubahan status perkawinan, mampu atau tidak mampu secara ekonomi, penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan memiliki penghasilan tetap.

Sedangkan BST tahap 3 akan dicairkan pada pekan terakhir Maret.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Bansos Tunai Februari Belum Cair

"Untuk pencairan Tahap 3 akan dilakukan di akhir bulan Maret setelah penyelesaian transfer dana Tahap 2. Insya Allah tidak bergeser waktunya," kata Premi.

Penerima BST adalah masyarakat yang ber-KTP DKI Jakarta dan merupakan keluarga penerima bantuan sosial sembako tahun 2020.

BST Pemprov DKI Jakarta bersumber dari APBD dan disalurkan ke rekening penerima BST di Bank DKI sebesar Rp 300.000 per keluarga setiap bulan, yang akan disalurkan selama 4 bulan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x