Kompas TV video cerita indonesia

[FULL] Tanggapan SBY Terkait KLB Partai Demokrat di Deli Serdang

Kompas.tv - 6 Maret 2021, 00:11 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Partai Demokrat tengah berkabung atas terselenggaranya Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara yang diadakan oleh kubu yang kontra dengan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurutnya,

“Hari ini kami berkabung, Partai Demokrat berkabung. Sebenarnya bangsa Indonesia juga berkabung. Berkabung karena akal sehat telah mati. Sementara, keadilan supremasi hukum dan demokrasi sedang diuji”, papar SBY dari kediamannya di Cikeas, Bogor pada Jumat malam (5/3/2020).

Baca Juga: [FULL] Tanggapan AHY Soal Kongres Luar Biasa Demokrat di Deliserdang

Mantan Presiden Republik Indonesia tersebut mengatakan, Kongres Luar Biasa Partai Demokrat yang digelar di Deli Serdang Sumatera Utara (5/3) tersebut adalah ilegal atau tidak sah.

Kongres Luar Biasa tersebut telah menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Terpilih Partai Demokrat.

“KLB tersebut telah menobatkan KSP Moeldoko, seorang pejabat pemerintahan aktif, berada di lingkar dalam lembaga kepresidenan bukan kader Partai Demokrat, alias pihak eksternal partai, menjadi ketua umum Partai Demokrat”, papar SBY.

Baca Juga: [FULL] Pidato Perdana Moeldoko Usai Terpilih Jadi Ketum Demokrat Versi KLB Deli Serdang

Dalam pidatonya, SBY pun kembali mengungkit saat Ketum Demokrat AHY mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi terkait keterlibatan KSP Moeldoko dalam kudeta Partai Demokrat.

“Satu bulan yang lalu, kita semua masih ingat, ketika Ketua Umum Partai Demokrat AHY, secara resmi mengirimkan surat kepada Yang Mulia Bapak Presiden Jokowi, tentang keterlibatan KSP Moeldoko dalam gerakan penggulingan kepemimpinan Partai Demokrat yang sah, dan setelah itu Ketum AHY juga menyampaikan kepada publik tentang gerakan kudeta ini, banyak tanggapan yang bernada miring”, paparnya.

SBY menyayangkan sikap Moeldoko yang menyebutkan pertemuan yang digelar Moeldoko adalah sekedar acara minum kopi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.