Kompas TV nasional berita utama

Tahun Ini, Jokowi Peletakan Batu Pertama Ibu Kota Negara Baru

Kompas.tv - 5 Maret 2021, 15:42 WIB
tahun-ini-jokowi-peletakan-batu-pertama-ibu-kota-negara-baru
Presiden Jokowi saat memberi penjelasan tentang Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo disebut akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Ibu Kota Negara di Sepaku, Penajam, Kalimantan Timur, tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/3/2021). “Kita dapatkan informasi dari menteri Bappenas, beliau dalam rapat bersama presiden mengatakan bahwa tahun ini direncanakan peletakan batu pertama istana presiden,” kata Fadjroel.

“Ini menurut menteri Bappenas, tahun ini direncanakan peletakan batu pertama ibu kota negara kita di Sepaku Penajam Kaltim,” katanya.

Baca Juga: Soal Gaungkan Benci Produk Asing, Jokowi: Gitu Aja Rame

Saat ini, sambung Fadjroel, pemerintah tengah melakukan penyelesaian regulasi terkait dengan Ibu Kota Negara baru. Kemudian, sambung Fadjroel, juga dilakukan penyelesaian terkait dengan tata ruang.

“Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (IKN -red) baru akan diselesaikan bersama DPR,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Penggunaan Barang Impor di Proyek Pemerintah Dikunci

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR, DPR, DPD Tahun 2019 menyampaikan izin kepada semua pihak untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan. Jokowi mengatakan, beban Jakarta dan Pulau Jawa sudah terlalu berat.

Sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi, Bappenas merilis 4 alasan yang mendasari dipindahnya Ibu Kota Negara ke Kalimantan. Di antaranya, penduduk Jawa yang terlalu padat, kontribusi ekonomi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), krisis ketersediaan air, dan konversi lahan di Jawa mendominasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.