Kompas TV bisnis kebijakan

Pemerintah akan Buka Koridor Bebas Covid Bagi Turis China untuk Berwisata ke Bali

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 10:18 WIB
pemerintah-akan-buka-koridor-bebas-covid-bagi-turis-china-untuk-berwisata-ke-bali
Menparekraf Sandiaga Uno saat memimpin rapat virtual bersama seluruh Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia, Sabtu (26/12/2020). (Sumber: Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah tengah berencana membuka koridor bebas Covid-19 atau (Free Covid Corridor/FCC) bagi wisatawan asing.

Seperti diketahui, FCC merupakan kawasan dengan atraksi wisata yang sengaja dibuka pemerintah untuk kunjungan turis.

Baca Juga: Tak Pakai Masker, Turis di Bali Ini Didenda Petugas!

Syaratnya, kawasan ini harus merupakan zona hijau alias memiliki jumlah kasus virus corona atau covid-19 rendah bahkan tidak ada sama sekali.

Rencananya, ada beberapa negara yang diperbolehkan mengunjungi Indonesia. Itu antara lain China, Singapura, Malaysia, India, dan beberapa negara Eropa seperti Inggris, Jerman, dan Belanda.

Adapun lokasi yang akan diterapkan antara lain di Bali seperti Nusa Dua dan Ubud. Jika berhasil, baru diperluas ke wilayah lain, semisal Nusa Penida dan tak menutup kemungkinan ke provinsi lain.

Baca Juga: Airlangga: Proyek Mewah Hary Tanoe-Trump Hasilnya Harus Jelas, Turis Kualitas Internasional

Demikian rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Meski begitu, Sandiaga Uno menyebut bahwa hal ini baru sebatas rencana dan belum diputuskan. Pihaknya mengaku masih melakukan persiapan lebih detail.

"Setelah kita persiapkan dengan lebih detail, kita akan berkoordinasi dengan masing-masing negara sahabat untuk mulai mencoba free covid corridor," kata Sandiaga Uno kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Sandiaga Uno menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sampai saat ini masih membahas mekanisme FCC dengan berbagai kementerian lainnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Deposit Rp 2 M, Turis Asing Dapat Visa Hingga 5 Tahun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.