Kompas TV internasional kompas dunia

Sebanyak 1,7 Juta Dosis Vaksin dari Program COVAX Tiba di Kongo

Rabu, 3 Maret 2021 | 07:53 WIB
sebanyak-1-7-juta-dosis-vaksin-dari-program-covax-tiba-di-kongo
Sebanyak 1,7 juta vaksin Covid-19 tiba di Kongo melalui skema COVAX. (Sumber: -)

KINSHASA, KOMPAS.TV - Republik Demokratik Kongo menerima 1,7 juta dosis vaksin virus corona AstraZeneca pada hari Selasa (2/3/2021).

Pihak berwenang merencanakan dilakukannya vaksinasi simbolis terhadap petugas kesehatan garis depan pada hari Jumat mendatang di ibukota Congo, Kinshasa.

Vaksin ini tiba melalui skema COVAX global, yang dijalankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

COVAX bertujuan untuk menyalurkan sebanyak 237 juta dosis AstraZeneca hingga akhir Mei. Secara total, Kongo telah memesan sebanyak 6,9 juta dosis vaksin corona.

Baca Juga: Empat Juta Dosis Vaksin Covid-19 Dari Program COVAX Tiba di Nigeria

COVAX merupakan skema global untuk memastikan akses vaksin pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Akses vaksin terhadap negara miskin telah terhambat karena pasokan vaksin global yang sangat terbatas.

Meskipun perusahaan vaksin memiliki target untuk menghasilkan 2 miliar suntikan tahun ini, namun hingga saat ini mereka hanya memiliki perjanjian yang mengikat secara hukum untuk beberapa ratus juta dosis saja.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:03
KEBUN BINATANG SYDNEY DITUTUP SEMENTARA KARENA POLISI SELIDIKI SEBAB KEMATIAN SEEKOR SIMPANSE   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,0 TERJADI DI TAHUNA, KEPULAUAN SANGIHE, SULUT, TAK BERPOTENSI TSUNAMI   BPBD JATIM SEBUT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1 TERASA DI 17 KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR   RSUD MARDI WALUYO KOTA BLITAR PASTIKAN TIDAK ADA PASIEN YANG TERTIMPA ATAP YANG AMBRUK AKIBAT GEMPA MALANG   SEORANG PENGENDARA MOTOR DI LUMAJANG MENINGGAL TERTIMPA BATU DI PERBUKITAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   PATUNG GORILA DI JATIM PARK 2 JATUH AKIBAT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BPBD ACEH TIMUR: 250 WARGA DESA PANTON RAYEUK, KECAMATAN BANDA ALAM, MENGUNGSI AKIBAT BAU SUMUR GAS PT MEDCO E&P MALAKA   PEMKOT BEKASI TUNGGU INSTRUKSI PEMERINTAH PUSAT SOAL PENYEKATAN PEMUDIK DI MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021   DIREKTORAT SMP KEMENDIKBUD: KEBERADAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DUKUNG PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS   SATGAS COVID-19 INGATKAN MUDIK LEBARAN DI MASA PANDEMI BERISIKO TINGGI   PEMERINTAH: 10 APRIL 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 13.323.866 SPESIMEN   HINGGA 10 APRIL 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 59.139 ORANG   SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 95 KASUS, TOTAL 42.443 KASUS   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 3.629 ORANG, TOTAL 1.409.288 ORANG