Kompas TV internasional kompas dunia

Empat Juta Dosis Vaksin Covid-19 Dari Program COVAX Tiba di Nigeria

Selasa, 2 Maret 2021 | 20:40 WIB
empat-juta-dosis-vaksin-covid-19-dari-program-covax-tiba-di-nigeria
Hampir 4 juta dosis vaksin Covid-19 tiba di Abuja, ibukota Nigeria, dalam pengiriman ketiga dan terbesar sejauh ini ke negara Afrika oleh inisiatif global COVAX, yang dibuat untuk memastikan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki akses yang adil ke vaksin. (Sumber: AP Photo/Ibrahim Mansur)

DAKAR, KOMPAS.TV - Hampir 4 juta dosis vaksin Covid-19 tiba di Abuja, ibukota Nigeria, dalam pengiriman ketiga dan terbesar sejauh ini ke negara Afrika oleh inisiatif global COVAX, yang dibuat untuk memastikan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki akses yang adil ke vaksin.

Program COVAX mengirimkan 3,94 juta dosis vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh Serum Institute of India, dari Mumbai ke Abuja, menurut pernyataan bersama dari UNICEF, Organisasi Kesehatan Dunia, GAVI, dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi seperti dilansir Associated Press, Selasa, (02/03/2021).

Nigeria adalah negara terpadat di Afrika, dengan lebih dari 200 juta penduduk, dan baru-baru ini mengalami lonjakan kasus Covid-19. Hingga Selasa, negara Afrika Barat telah mencatat total kumulatif 156.017 kasus, termasuk 1.915 kematian.

Baca Juga: Ratusan Anak Perempuan yang Diculik di Nigeria Telah Dibebaskan

Para orang tua berkumpul di depan Sekolah Menengah Sains Pemerintah di Desa Kankara, Provinsi Katsina, Nigeria, menanti kabar anak-anak mereka yang diculik oleh kelompok pemberontak Boko Haram, Jumat malam lalu. (Sumber: AP Photo / Sunday Alamba)

Pengiriman hari Selasa (02/03/2021) adalah bagian dari gelombang pertama vaksin yang tiba di Nigeria yang akan berlanjut dalam beberapa hari dan minggu mendatang, kata pernyataan itu.

“Setelah setahun mengalami gangguan akibat pandemi Covid-19, hari ini kami merayakan upaya yang telah dilakukan untuk membawa vaksin ke Nigeria.

Hingga saat ini lebih dari 150.000 orang Nigeria terinfeksi virus dan lebih dari 1.800 nyawa melayang, jalan menuju pemulihan bagi orang-orang Nigeria akhirnya bisa dimulai,” kata Peter Hawkins, Perwakilan UNICEF Nigeria.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:44
KAPOLRI DAN KOMNAS HAM TEKEN NOTA KESEPAHAMAN SOAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA   PT MRT JAKARTA TEKEN KONTRAK PROYEK FASE 2A BUNDARAN HI-KOTA SENILAI RP 4,6 TRILIUN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KEPULANGAN PERANTAU KE KAMPUNG HALAMAN MENINGKATKAN KASUS COVID-19   SATGAS: KASUS KONFIRMASI POSITIF DAN KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA MINGGUAN MENGALAMI KENAIKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PASTIKAN KEBUTUHAN WARGA KORBAN KEBAKARAN DI TAMAN SARI TERPENUHI   POLISI BERENCANA DIRIKAN 2 POSKO PEMERIKSAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKOT JAKARTA PUSAT AKAN TUTUP JEMBATAN YANG JADI AKSES UNTUK TAWURAN DI JOHAR BARU   KEMENDIKBUD: KAMUS SEJARAH YANG TAK CANTUMKAN NAMA TOKOH PENDIRI NU KH HASYIM ASY'ARI SUDAH DITARIK DARI SITUS   POLISI BERKOORDINASI DENGAN DIREKTORAT IMIGRASI UNTUK CABUT PASPOR JOZEPH PAUL ZHANG   KEMENTERIAN KESEHATAN: ADA KEMUNGKINAN VAKSINASI COVID-19 LIBUR SELAMA IDUL FITRI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKNOLOGI LISTRIK YANG GUNAKAN PEMBANGKIT ENERGI SAMPAH HARUS TERUS DIKEMBANGKAN   DEWAS KPK MINTA PIMPINAN KPK USUT DUGAAN BOCORNYA INFORMASI PENGGELEDAHAN DI DUA LOKASI DI KALSEL   PPKM DIPERPANJANG, WAGUB DKI: TAK ADA PERUBAHAN ATURAN KECUALI JAM BUKA RESTORAN   KEMENKOMINFO SEBUT JOZEPH PAUL TETAP DAPAT DIJERAT UU ITE MESKI BERADA DI LUAR NEGERI