Kompas TV internasional kompas dunia

China Sukses Operasi Transplantasi Hati dan Paru-paru Bagi Penderita Fibrosis Paru dan Sirosis Hati

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 06:00 WIB
china-sukses-operasi-transplantasi-hati-dan-paru-paru-bagi-penderita-fibrosis-paru-dan-sirosis-hati
Ilustrasi sebuah operasi. Para dokter di sebuah rumah sakit di China timur berhasil melakukan operasi transplantasi hati dan paru-paru ganda di negara itu untuk menyelamatkan nyawa seorang pria. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Para dokter di sebuah rumah sakit di China timur berhasil melakukan operasi transplantasi hati dan paru-paru ganda di negara itu untuk menyelamatkan nyawa seorang pria.

Rumah Sakit Afiliasi Kedua Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang di Provinsi Zhejiang, China timur, menjelaskan bahwa operasi kombinasi pada Sabtu (27/02/2021) tersebut, yang kali pertama dilakukan di China, sebagai salah satu operasi tersulit bagi para spesialis bedah transplantasi.

Sang pasien, yang diidentifikasi sebagai pria berusia 40-an tahun, menerima dua paru-paru dan hati dari seorang donor wanita, setelah didiagnosis menderita fibrosis paru-paru stadium akhir dan sirosis hati stadium akhir, seperti dilansir Xinhua, Senin (01/03/2021)

Baca Juga: Ada-Ada Saja, Dokter Ini Nekat Lakukan Operasi Bedah Sambil Hadiri Sidang Tilang

Dua ahli bedah ternama dalam bidang transplantasi paru-paru dan hati memimpin jalannya operasi tersebut, yang oleh pihak rumah sakit disebut sebagai waktu tepat bagi sang pasien, karena dirinya sudah di ambang "detik-detik terakhirnya".

Dokter mengganti dua paru-paru pasien itu sebelum melanjutkan ke operasi transplantasi hati, sebuah ujian sama beratnya bagi paru-paru yang baru ditransplantasi maupun tenaga medis, menurut para ahli bedah tersebut.

Pihak rumah sakit mengatakan mereka melepas respirator pada Minggu (28/02/2021) setelah sang pasien dilaporkan mengalami pemulihan yang baik pada fungsi paru-paru dan hati.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x