Kompas TV internasional kompas dunia

Pangeran Philip Dipindahkan ke Rumah Sakit Khusus Jantung di London

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 22:55 WIB
pangeran-philip-dipindahkan-ke-rumah-sakit-khusus-jantung-di-london
Ambulans yang membawa Pangeran Philip tampak keluar dari Rumah Sakit Raja Edward VII di London, Inggris, Senin (1/3). (Sumber: AP Photo / Frank Augstein)
Penulis : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Pangeran Philip (99) dipindahkan ke sebuah rumah sakit khusus jantung di London, Inggris pada Senin (1/3) untuk menjalani tes dan observasi atas kondisi penyakit jantung yang dideritanya. Istana Buckingham menyatakan, pemindahan ini merupakan perawatan lanjutan atas infeksi yang diderita Pangeran Philip.

Associated Press melaporkan, suami Ratu Elizabeth II (94) ini dipindahkan dari Rumah Sakit Raja Edward VII tempat ia dirawat sejak 17 Februari lalu, ke Rumah Sakit St. Bartholomew yang khusus menangani perawatan pasien penyakit jantung. Saat Pangeran Philip dipindahkan ke dalam ambulans, para petugas sigap membuka payung mereka untuk melindunginya dari jepretan kamera para fotografer dan pandangan publik.

Baca Juga: Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip, Dirawat di Rumah Sakit

Para petugas sigap membuka payung mereka untuk melindungi Pangeran Philip yang tengah dipindahkan ke dalam ambulans, dari jepretan kamera para fotografer dan publik, di Rumah Sakit Raja Edward VII di London, Inggris, Senin (1/3). (Sumber: Dominic Lipinski / PA via AP)

Pihak istana menyatakan, “Pangeran Philip tetap dalam kondisi nyaman dan mampu merespon perawatan yang diberikan, namun diperkirakan akan berada di rumah sakit setidaknya sampai akhir minggu ini.”

Pangeran Philip dirawat ke Rumah Sakit Raja Edward VII di London setelah merasa sakit. Diyakini, sakit yang diderita Pangeran Philip tidak berhubungan dengan Covid-19. Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada awal Januari silam.

Baca Juga: Pangeran Philip Pensiun dari Kegiatan Kerajaan

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyatakan, Pusat Jantung RS Bartholomew merupakan pusat penyakit jantung terbesar di Eropa. Pusat perawatan ini melakukan operasi jantung, pencitraan resonansi magnetik (MRI) dan CT scan lebih banyak dibanding pusat penyakit jantung manapun di seluruh dunia.

Pangeran Philip, yang pensiun dari tugas-tugas kerajaan pada tahun 2017, jarang muncul di hadapan publik. Selama masa lockdown Covid-19 di Inggris, Philip yang juga dikenal sebagai Duke of Edinburgh, tinggal di Kastil Windsor di barat London bersama sang ratu.

Baca Juga: Pangeran Harry: Sangat Sulit Untuk Berpisah dari Anggota Kerajaan

Pangeran Philip menikahi Putri Elizabeth – waktu itu belum menjadi ratu – pada tahun 1947 dan merupakan pasangan terlama yang mengabdi pada kerajaan dalam sejarah Inggris. Ia dan sang ratu memiliki 4 anak, 8 cucu dan 9 cicit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x