Kompas TV nasional peristiwa

2 Maret Setahun Lalu, Jokowi Umumkan Pasien Pertama Covid-19

Selasa, 2 Maret 2021 | 05:30 WIB
2-maret-setahun-lalu-jokowi-umumkan-pasien-pertama-covid-19
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Stasiun MRT Bundaran HI di saat new normal kala pandemi Covid-19. (Sumber: (Agus Suparto))

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pada tanggal 2 Maret 2020, Presiden Jokowi untuk pertama kalinya mengumumkan pasien Covid-19 di Indonesia. Pasien Covid-19 tersebut, menurut Jokowi terpapar dari warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.  

"Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri," kata Jokowi, di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Orang yang terpapar di Indonesia adalah dua orang perempuan, ibu dan puterinya yang tinggal di Depok, Jawa Barat. "Ternyata orang yang telah terkena Virus Corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun," tutur Jokowi.

Baca Juga: Peringati Setahun Wabah Covid-19, PKS Ajak Donor Plasma Konvalesen

Dengan pengumuman tersebut, maka Indonesia memasuki pandemi Covid-19 yang berlanjut hingga sat ini. 

Hingga 1 maret 2021, tercatat ada 1.341.314 yang terpapar, dengan 1.151.915 sembuh dan 36.  325 yang meninggal dunia. 

Sejak kasus pertama diumumkan, Indonesia sudah mengambil berbagai langkah kebijakan untuk mengatasinya. Salah satunya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:34
RUSIA MELARANG DIREKTUR FBI DAN JAKSA AGUNG AS MEMASUKI NEGARANYA   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS AKIBAT PENEMBAKAN DI GUDANG FEDEX DI INDIANAPOLIS, INDIANA   SEBANYAK 31 JEMAAH CALON HAJI DI PALOPO, SULAWESI SELATAN, JALANI VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA   WARGA SUMATERA BARAT KUMPULKAN 1,5 TON RENDANG UNTUK KORBAN BENCANA DI NTT   PRESIDEN JOKOWI: PEMERINTAH MELARANG MUDIK LEBARAN TAHUN INI DENGAN BERBAGAI MACAM PERTIMBANGAN   KEJATI BANTEN TETAPKAN TERSANGKA KORUPSI DANA HIBAH PONDOK PESANTREN RP 117 M   JADI TERSANGKA, PRIA YANG ANIAYA PERAWAT DI PALEMBANG TERANCAM 2 TAHUN PENJARA   POLISI TETAPKAN PRIA YANG ANIAYA PERAWAT DI PALEMBANG SEBAGAI TERSANGKA   PPNI: PENGANIAYAAN PERAWAT OLEH KELUARGA PASIEN MERUPAKAN ANCAMAN TERHADAP KEAMANAN SISTEM PELAYANAN   WAGUB PAPUA KLEMEN TINAL MINTA APARAT KEAMANAN KENDALIKAN SITUASI BEOGA PASCA-PENEMBAKAN TERHADAP 2 GURU   KEMENHUB KELUARKAN MAKLUMAT PELAYARAN WASPADAI CUACA EKSTREM PADA 16-22 APRIL 2021   BMKG: SIKLON TROPIS SURIGAE DALAM 24 JAM KE DEPAN AKAN MENGUAT NAMUN BERGERAK MENJAUHI INDONESIA   PANCAROBA MASIH BERLANGSUNG, BMKG IMBAU MASYARAKAT WASPADA POTENSI CUACA EKSTREM   BMKG MEMPRAKIRAKAN PADA BULAN MEI 2021 AWAL MUSIM KEMARAU TERJADI DI SEBAGIAN WILAYAH INDONESIA