Kompas TV nasional update corona

2.021 Unit GeNose Didistribusikan, ke Mana Saja?

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 16:31 WIB
2-021-unit-genose-didistribusikan-ke-mana-saja
GeNose pendeteksi Covid-19 karya peneliti UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Sumber: Dokumentasi Humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sebanyak 2.021 unit GeNose siap didistribusikan ke banyak rumah sakit, layanan kesehatan, korporasi, kementerian teknis, dan insitusi pendidikan di Indonesia. Secara resmi pelepasan GeNose dilakukan di UGM Science Techno Park, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Senin (1/3/2021).

“Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya GeNose bisa diproduksi secara massal dan ditandai dengan pelepasan ke distributor untuk diteruskan ke calon konsumen pada hari ini,” ujar Rektor UGM, Panut Mulyono, dalam sambutannya.

Menurut Panut, GeNose hadir di saat yang tepat. Peneliti mengembangkan alat deteksi Covid-19 melalui embusan nafas ketika masyarakat membutuhkan.

Baca Juga: Akurasi GeNose Ditingkatkan, Peneliti UGM Sempurnakan Kecerdasan Buatan

Alhasil, banyak yang bertanya kepadanya perihal GeNose dan ingin menggunakan. Produksi massal dan distribusi GeNose pada hari ini menjadi buktinya.

Meskipun demikian, Panut tidak menampik sebagai alat baru, GeNose juga pasti memunculkan banyak pertanyaan dari penggunanya. Oleh karena itu, layanan purna jual berupa sikap tanggap dan responsif terhadap keluhan dan pertanyaan dari pengguna diatasi oleh tim pemasaran GeNose.

“Sehebat apapun produk yang dibuat, kalau layanan purna jual kurang baik, akan mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dimiliki,” ucapnya.

Dian Kesumapramudya Nurputra, salah satu tim pengembang GeNose, mengatakan saat ini akurasi GeNose mencapai 95 persen untuk pasien bergejala Covid-19 dan 93 persen untuk pasien yang tidak bergejala. Sedangkan sensitivtas GeNose untuk pasien bergejala 92 persen dan orang tanpa gejala 89 persen.

“Kami sedang mengumpulkan data untuk meningkatkan akurasi dan mengembangkan GeNose lebih baik lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Babak Baru GeNose, Menuju Uji Validasi Eksternal

Sampai saat ini, penjualan GeNose melalui distributor resmi yang tercantum dalam situs resminya. Di dalamnya sudah ada formulir pemesanan dan calon pemesan pun akan dimintai konfirmasi serta menjalani verifikasi untuk memastikan penggunaan GeNose tepat sasaran.

Sejauh ini, GeNose belum dipergunakan atau dijual untuk kepentingan perorangan karena prioritas masih di layanan kesehatan, layanan publik, korporasi, dan institusi pendidikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.