Kompas TV video cerita indonesia

Mensos Risma Usul ke Jokowi Agar Daerah Mandiri Saat Ada Bencana

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 09:08 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar daerah-daerah terdampak bencana bisa mandiri.

"Kemarin saya coba usulkan di 2022 untuk bisa disetujui. Saya juga sudah laporkan ke Bapak Presiden supaya daerah mandiri," kata Menteri Sosial Risma pada Minggu (28/2/2021).

Hal ini bermaksud agar daerah-daerah sudah mengantisipasi sejak awal jika bencana terjadi di wilayah mereka. Sehingga operasional bencana bisa lebih maksimal. Risma juga menyebut ke depan pihaknya tak ingin lagi ada pembangunan gedung.

"Jadi mereka bisa kita berikan dapur umum, genset, perahu. Itu sudah kami usulkan. Bukan pembangunan gedung, saya tidak mau pembangunan gedung. Kami, saya mencoba tahun ini tidak membangun gedung, tapi memaksimalkan bagaimana untuk operasional bencana lebih maksimal," kata Risma.

"DAK untuk peralatan-peralatan di mana daerah bisa mandiri sebelum kami datang. Termasuk saya juga mengusulkan DAK alat berat. Tapi kita nggak tahu, karena masih usulan. Bisa disetujui, bisa tidak," lanjut Risma.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x