Kompas TV video cerita indonesia

Ahok Dorong Kemandirian Pesantren, Minta Tiru Nabi Muhammad untuk Dagang

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 00:23 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir menjadi pembicara dalam acara Milad Pondok Pesantren Motivasi Indonesia ke-9 bertema Pandemi dan geliat kemandirian pesantren Minggu (28/2).

Ahok sampaikan untuk menyarankan agar pondok pesantren memiliki sumber penghasilan secara mandiri.

"Dalam pemikiran saya istilahnya tokoh adat Tiongkok itu ya, kita itu mesti punya sumur sendiri kira-kira gitu, kalau kita gunakan bahasa ini utamanya kita ada kemandirian lah," kata Ahok

Ahok juga sampaikan agar pesantren teladani Nabi Muhammad SAW yang tidak hanya berdakwah tapi juga berdagang.

Saat sampaikan penggambaran ini, Ahok menjelaskan agar pesannya tidak disalah artikan karena menyinggung soal Nabi Muhammad.

"Ini mohon jangan jadi masalah ya. Saya berpikir Nabi Muhammad dulu bukan cuma dakwah ya, tapi juga dagang. Jadi ini jangan dipersoalkan nanti, ini nanti salah menafsirkan dan ribut lagi. Ini saya mohon-mohon maaf ini. Saya bikin disclaimer dulu ini," ucap Ahok.

Ia menceritakan pernah dikenalkan seorang Kiai asal Tiongkok oleh almarhum mantan Sekda DKI Jakarta Saefullah, walaupun ia sampaikan lupa nama kiai tersebut ia sempat kaget saat bertemu kiai yang mempunyai bisnis besar tersebut.

“Waktu ketemu sama saya, dia pakai baju kaos, celana biasa gitu, itu kayak engkoh-engkoh di Glodok, enggak tahunya itu dia itu lulusan dari Harvard Amerika. Ini kiai dan beliau punya restoran banyak banget restorannya di Tiongkok,” ujar Ahok.

Ahok pun sarankan para santri untuk belajar bisnis.

“Jadi para santri ini dilatih bisnis bukan cuma dilatih kerja, dilatih bisnis, dilatih berbahasa Inggris dengan baik, mengerti tentang saham. Wah anak S2 kalah ini,” ungkap Ahok.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x