Kompas TV video cerita indonesia

Mahfud MD Kenang Sosok Artidjo Alkostar, Algojo Para Koruptor

Kompas.tv - 28 Februari 2021, 17:13 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia pada Minggu (28/02/2201). 

Menko Polhukam Mahfud MD lewat unggahan Twitternya menuliskan pesan kenangan pada sosok Artidjo.

“Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini (Minggu, 28/2/2021). Inna lillah wainna ilaihi raji’un. Allahumma ighfir lahu.”tulis Mahfud dikutip dari cuitan Twitternya. 

Menurut Mahfud Artidjo merupakan sosok hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor.

“Artidjo Alkostar adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor. Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back up politik.” tulis Mahfud.

Mahfud juga menceritakan Artidjo merupakan sosok yang lurus saat jadi pengacara, bahkan semenjak Artidjo menjadi dosen di Fakultas Hukum UII Yogya.

Lebih lanjut bagi Mahfud MD, sosok Artidjo Alkostar ternyata yang menginspirasinya menjadi seorang dosen.

“Tahun 1978 Artidjo menjadi dosen sy di FH-UII. Dia juga yang menginspirasi saya menjadi dosen dan menjadi aktivis penegakan hukum dan demokrasi. Pada 1990/1991 saya dan Mas Artidjo sama-sama pernah menjadi visiting scholar (academic researvher) di Columbia University, New York. RIP, Mas Ar.”tulis Mahfud menutup unggahannya di Twitter. 

Video Editor: Faqih Fisabililla
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x