Kompas TV internasional kompas dunia

Masalah Kesehatan Mental Naik Drastis di Inggris di Tengah Lockdown Covid-19

Minggu, 28 Februari 2021 | 14:13 WIB
masalah-kesehatan-mental-naik-drastis-di-inggris-di-tengah-lockdown-covid-19
Seorang wanita melintas di jalan dekat Leicester Square di London, Inggris, pada 21 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/Han Yan)

LONDON, KOMPAS.TV - Masalah kesehatan mental berkembang secara drastis di tengah upaya karantina wilayah (lockdown) akibat Covid-19 di Inggris, seperti dilaporkan Sky News, Sabtu (27/02/2021).

"Apa yang kita anggap sebagai gejala yang jelas, misalnya sakit tenggorokan, panggilan-panggilan itu juga bahkan disertai masalah kesehatan mental," kata Ruth Lander, anggota tim pelatihan untuk layanan telepon non-darurat 111 di Wales Utara, kepada Sky News.

"Hal ini jelas telah meningkatkan aspek kesehatan mental pada panggilan yang kami terima. Mereka mungkin warga lanjut usia dan tengah berjuang dengan rasa kesepian, atau seorang ibu muda yang kehilangan jaringan dukungannya dan sedang kesusahan," ujar Lander.

"Orang-orang cemas dan takut, dan itulah manfaat dari layanan ini karena kami dapat menjelaskan serta membantu para pasien tersebut," tambah Lander.

Baca Juga: Warga Negara Inggris Dipenjara dan Didenda Karena Langgar Aturan Karantina Singapura

Seorang wanita yang mengenakan masker berjalan melewati Her Majesty Theatre di London, Inggris, pada 21 Desember 2020. (Sumber: Xinhua/Han Yan)

Menurut Jason Killens, Kepala Eksekutif Layanan Ambulans Welsh, bahkan dengan kesadaran publik yang meningkat atas dukungan kesehatan mental, dampak penuh dari lockdown baru saja muncul ke permukaan.

"Kami memperkirakan masalah ini akan meningkat dan menjadi lebih rumit di saat orang-orang mengalami berbagai tekanan dalam hidup mereka di seluruh komunitas kita," ujar Killens.

Penulis : Edwin Shri Bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:26
KAPOLRI DAN KOMNAS HAM TEKEN NOTA KESEPAHAMAN SOAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA   PT MRT JAKARTA TEKEN KONTRAK PROYEK FASE 2A BUNDARAN HI-KOTA SENILAI RP 4,6 TRILIUN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KEPULANGAN PERANTAU KE KAMPUNG HALAMAN MENINGKATKAN KASUS COVID-19   SATGAS: KASUS KONFIRMASI POSITIF DAN KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA MINGGUAN MENGALAMI KENAIKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PASTIKAN KEBUTUHAN WARGA KORBAN KEBAKARAN DI TAMAN SARI TERPENUHI   POLISI BERENCANA DIRIKAN 2 POSKO PEMERIKSAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKOT JAKARTA PUSAT AKAN TUTUP JEMBATAN YANG JADI AKSES UNTUK TAWURAN DI JOHAR BARU   KEMENDIKBUD: KAMUS SEJARAH YANG TAK CANTUMKAN NAMA TOKOH PENDIRI NU KH HASYIM ASY'ARI SUDAH DITARIK DARI SITUS   POLISI BERKOORDINASI DENGAN DIREKTORAT IMIGRASI UNTUK CABUT PASPOR JOZEPH PAUL ZHANG   KEMENTERIAN KESEHATAN: ADA KEMUNGKINAN VAKSINASI COVID-19 LIBUR SELAMA IDUL FITRI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKNOLOGI LISTRIK YANG GUNAKAN PEMBANGKIT ENERGI SAMPAH HARUS TERUS DIKEMBANGKAN   DEWAS KPK MINTA PIMPINAN KPK USUT DUGAAN BOCORNYA INFORMASI PENGGELEDAHAN DI DUA LOKASI DI KALSEL   PPKM DIPERPANJANG, WAGUB DKI: TAK ADA PERUBAHAN ATURAN KECUALI JAM BUKA RESTORAN   KEMENKOMINFO SEBUT JOZEPH PAUL TETAP DAPAT DIJERAT UU ITE MESKI BERADA DI LUAR NEGERI