Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Simak, 6 Cara untuk Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 16:38 WIB
simak-6-cara-untuk-atasi-takut-jarum-suntik-saat-vaksin-covid-19
Seorang pekerja medis mengisi jarum suntik dengan dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di Tokyo Medical Center di Tokyo Rabu, 17 Februari 2021. (Sumber: Behrouz Mehri/Pool Photo via AP)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski vaksin menjadi jawaban atas kekhawatiran kita di masa pandemi ini, namun vaksinasi malah memunculkan ketakutan di antara orang-orang yang takut jarum suntik. Bagi sebagian orang, rasa takut tersebut bahkan sudah menjadi fobia, dikenal dengan istilah trypanophobia.

Jika Anda ingin mendapatkan vaksin Covid-19 namun masih mengalami ketakutan terhadap jarum suntik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai cara mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik:

1. Jangan lihat jarum suntik

Cobalah untuk menutup mata saat akan disuntik. Jangan lihat petugas mempersiapkan alat. Tetap rileks dan tenang, lalu pejamkan mata. Proses penyuntikan hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.

 

2. Pergi bersama orang terdekat

Ajak orang terdekat untuk pergi menemani proses vaksinasi. Anda bisa mengajak orang tua, kakak, adik, pacar, atau teman. Orang-orang terdekat akan meningkatkan rasa percaya diri saat divaksin.

 

3. Ngobrol dengan orang terdekat/petugas

Alihkan pikiran dengan mengajak orang terdekat atau bahkan petugas berbicara. Berbicara akan membuat tubuh lebih rileks dan tanpa disadari proses penyuntikan akan terlewati begitu saja.

Baca Juga: Izin Vaksin Mandiri Terbit, Pengusaha: Bisa Masuk ke BPJS Kesehatan Nggak?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.