Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Tutup Manhole Saluran Air PDAM Bandarmasih Hilang Dicuri

Jumat, 26 Februari 2021 | 08:08 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Aksi pencurian terhadap sejumlah materiil fasilitas umum atau milik negara yang terbuat dari baja masih sering terjadi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seperti hilangnya tutup manhole saluran air milik PDAM Banjarmasin di kawasan jalan Ahmad Yani Banjarmasin kilometer lima.

Baca Juga: Polda Kalsel Musnahkan 26.9 Kilogram Narkotika, 29 Tersangka Turut Dihadirkan

Pihak PDAM telah memasang tanda dan pembatas agar lubang saluran air yang hilang penutup manholenya tidak membahayakan pengguna jalan.

Kehilangan tutup manhole serupa juga terjadi    di ruas jalan lain  yang dilintasi pengendara  dan telah dipasang penutup baru untuk menghindari bahaya pada pengguna jalan.

"Tutup ini terbuat dari besi cor yang bisa dijual kalau orang mau mengusahakan  ada juga dari plat besi," ucap Abdurrahman, Supervisor Gangguan Transimisi dan Distribusi PDAM Bandarmasih.

Pencurian materiil milik pdam juga tercatat banyak terjadi pada alat meter pengukur penggunaan air di rumah pelanggan, mencapai 350 buah dan telah dilaporkan ke polres banjarmasin untuk ditindak lanjuti.

"Itu adalah pengaman dari pada jaringan kita, kita lihat kalau orang jalan malam tidak kelihatan pasti 'tecelobok' (terperosok*red) kesini, ini yang membahayakan," terang Nur Wakhid, Humas PDAM Bandarmasih.

Baca Juga: Dijual di Atas HET, 217 Tabung Elpiji Bersubsidi Disita Polisi

Sebelumnya pencurian serupa dengan sasara material baja juga terjadi pada plat besi jembatan di kawasan lingkar selatan yang mengakibatkan lubang antar jembatan menganga dan membahayakan pengendara.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:05
KAPOLRI DAN KOMNAS HAM TEKEN NOTA KESEPAHAMAN SOAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA   PT MRT JAKARTA TEKEN KONTRAK PROYEK FASE 2A BUNDARAN HI-KOTA SENILAI RP 4,6 TRILIUN   KETUA SATGAS DONI MONARDO: KEPULANGAN PERANTAU KE KAMPUNG HALAMAN MENINGKATKAN KASUS COVID-19   SATGAS: KASUS KONFIRMASI POSITIF DAN KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA MINGGUAN MENGALAMI KENAIKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PASTIKAN KEBUTUHAN WARGA KORBAN KEBAKARAN DI TAMAN SARI TERPENUHI   POLISI BERENCANA DIRIKAN 2 POSKO PEMERIKSAAN DI KOTA TANGERANG SELAMA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKOT JAKARTA PUSAT AKAN TUTUP JEMBATAN YANG JADI AKSES UNTUK TAWURAN DI JOHAR BARU   KEMENDIKBUD: KAMUS SEJARAH YANG TAK CANTUMKAN NAMA TOKOH PENDIRI NU KH HASYIM ASY'ARI SUDAH DITARIK DARI SITUS   POLISI BERKOORDINASI DENGAN DIREKTORAT IMIGRASI UNTUK CABUT PASPOR JOZEPH PAUL ZHANG   KEMENTERIAN KESEHATAN: ADA KEMUNGKINAN VAKSINASI COVID-19 LIBUR SELAMA IDUL FITRI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKNOLOGI LISTRIK YANG GUNAKAN PEMBANGKIT ENERGI SAMPAH HARUS TERUS DIKEMBANGKAN   DEWAS KPK MINTA PIMPINAN KPK USUT DUGAAN BOCORNYA INFORMASI PENGGELEDAHAN DI DUA LOKASI DI KALSEL   PPKM DIPERPANJANG, WAGUB DKI: TAK ADA PERUBAHAN ATURAN KECUALI JAM BUKA RESTORAN   KEMENKOMINFO SEBUT JOZEPH PAUL TETAP DAPAT DIJERAT UU ITE MESKI BERADA DI LUAR NEGERI