Kompas TV tekno gadget

6 Fitur Baru Android: Pesan Terjadwal hingga Google Map Versi Dark Mode

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 18:13 WIB
6-fitur-baru-android-pesan-terjadwal-hingga-google-map-versi-dark-mode
Google luncurkan penambahan 6 fitur baru di Android (Sumber: Twitter/@Android)
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Google meluncurkan penambahan fitur baru untuk Android pada Rabu (24/2/2021) melalui akun Twitter Android.

Dari unggahan tersebut, ada 6 fitur baru yang bisa dinikmati pengguna Android mulai dari pengiriman pesan terjadwal atau Schedule send, TalkBack, pemeriksaan password, Google Map versi dark mode, Android Auto, sampai Google Assistant versi terbaru.

Baca Juga: Mengintip Bocoran Fitur Baru Android 12: Auto Rotate hingga Mode Gaming Bawaan

Fitur-fitur baru ini bisa digunakan pada perangkat yang menjalankan versi lama dari sistem operasi tersebut.

Berikut ulasan dari 6 fitur baru Android yang diluncurkan Google:

1. Pesan terjadwal


Melansir situs resmi Android, fitur pesan terjadwal atau Schedule send memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan mengirimkannya di waktu yang telah ditentukan.

Fitur ini berguna bagi para pengguna yang berada di zona waktu berbeda, atau yang tidak ingin melewatkan peringatan penting seperti pesan ucapan ulang tahun.

Pengguna bisa menulis pesan seperti biasa, kemudian tekan dan tahan tombol kirim untuk memilih waktu pengiriman pesan. Pesan akan secara otomatis terkirim sesuai jadwal yang dibuat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi Messages atau mengunduhnya di Play Store melalui link Messages App.

Baca Juga: Perbarui Fitur, Google Classroom di Android Akan Bisa Diakses Offline

2. TalkBack


TalkBack merupakan salah satu fitur yang diluncurkan Google untuk sistem operasi Android, untuk memudahkan pengguna dengan keterbatasan penglihatan.

Dengan TalkBack, pengguna tak perlu melihat layar. Cukup menyentuh dan scroll, TalkBack akan mengarahkan pengguna melalui suara untuk membaca notifikasi pengguna, aplikasi, dan lainnya.

Dalam versi terbarunya, menu dan gesture dari TalkBack dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. Pengguna dapat mengendalikan perangkat mereka dengan lebih intuitif menggunakan gestur jari.

Baca Juga: Awas! Penjualan Undangan hingga Aplikasi Palsu Clubhouse versi Android yang Bisa Sedot Data Pengguna

Halaman :


TAG : GoogleAndroiddark modeGoogle Mapfitur baru Android

Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.